Mahmudi, Mahmudi (2024) PENGEMBANGAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PROVINSI BALI (STUDI MULTISITUS MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA DENPASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KAB. KLUNGKUNG). Doctoral thesis, Uin khas jember.
Text
Mahmudi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan dalam profesionalisme guru menjadi perhatian global,
karena guru mempunyai tugas dan peran yang tidak hanya memberikan informasi
ilmiah pada pengetahuan dan teknologi, tetapi juga untuk membentuk sikap serta
jiwa yang dapat bertahan pada era hiperkompetisi. Guru memainkan peran penting
dalam setiap pengaturan pendidikan. Peneliti maksud dengan profesionalisme
adalah guru yang berpengalaman di bidangnya dan memiliki keterampilan
pedagogis, pribadi, sosial, dan profesional yang diperlukan. Kualitas pendidikan
hanya dapat meningkat jika guru diberi kesempatan untuk mengembangkan
keahlian profesionalnya saat siswa belajar darinya di sekolah umum maupun
Madrasah.
Fokus penelitian pada disertasi ini yakni; 1) Bagaimana perencanaan
pengembangan guru yang dilakukan oleh MIN Kota Denpasar dan MIN Kab.
Klungkung.? 2) Bagaimana implementasi pengembangan guru yang dilakukan oleh
MIN Kota Denpasar dan MIN Kab. Klungkung? 3) Bagaimana evaluasi
pengembangan guru yang dilakukan oleh MIN Kota Denpasar dan MIN Kab.
Klungkung.? Tujuan dari penelitian ini yakni mendiskripsikan dan menganalisis
pengembangan guru yang dilakukan oleh MIN Kota Denpasar dan MIN Kab.
Klungkung.
Sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan multisitus yang berusaha
mendeskripsikan suatu latar, objek atau peristiwa tertentu secara rinci dan
medapatkan gambaran yang mendalam tentang pengembangan guru di lembaga
Pendidikan Islam Provinsi Bali. Lokus yang dipilih adalah MIN Kota Denpasar dan
MIN Kab. Klungkung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara
mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumen. Data data yang terkumpul
kemudian dianalisis dengan teknik; reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Semua data diuji keabsahannya melalui; uji kerdibilitas, uji
transferabilitas, uji dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut; Pertama perencanaan
pengembangan SDM yang dilakukan di MIN Kota Denpasar dan MIN Kab.
Klungkung dilakukan melalui; 1) Analisis Kebutuhan Pengembangan SDM, 2)
Supervisi Kepala Madrasah. Supervisi kepala madrasah adalah kegiatan untuk
mengetahui kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. 3) Pemutusan
progam pengembangan guru. Kedua implementasi pengembangan SDM yang
dilakukan di MIN Kota Denpasar dan MIN Kab. Klungkung meliputi: (1).
Peningkatan pengetahuan dan wawasan guru melalui pelatihan, workshop, sharing
dengan guru-guru di lingkungan sendiri, KKG bersama dengan gugus madrasah
dan melakukan studi visit ke madrasah-madrasah yang berkualitas. (2). Pembentukan sikap dan komitmen guru melalui tausiah (saling mengingatkan) baik
antara guru dengan guru maupun dari unsur pimpinan ke guru (3). Pemberian
imbalan kepada guru sesuai haknya dan mendukung fasilitas pembelajaran yang
dibutuhkan dalam mengajar. Ketiga evaluasi pengembangan SDM yang dilakukan
oleh MIN Kota Denpasar dan MIN Kabupaten Klungkung dilakukan melalui 1),
reaction. evaluasi ini dilakukan pada saat dan setelah pelaksanaan pengembangan
SDM. 2) learning. evaluasi ini dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman
peserta setelah mengikuti pelaksanaan pengembangan SDM. 3) behavior evaluasi
ini dilakukan setelah program pelaksanaan pengembangan SDM. 4), result
merupakan evaluasi jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tn Atik Yuliana |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:14 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37095 |
Actions (login required)
View Item |