Nawa, Dea Sahda (2024) KONVERSI AGAMA ERA MILENIAL (Studi Kasus Motivasi Pelaku Konversi Agama Era Milenial Di Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Malang). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Dea Sahda Nawa_201103010020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Dea Sahda Nawa, 2024 : “ KONVERSI AGAMA ERA MILENIAL (Studi Kasus Motivasi
Pelaku Konversi Agama Era Milenial di Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Malang)”
Kata Kunci : Konversi Agama, Motivasi Pelaku, Era Milenial, Perspektif Komunikasi
Komunikasi sangatlah esensial bagi pertumbuhan kepribadian manusia.
Kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian manusia. Di
Indonesia memiliki banyak fenomena yang terjadi tentang konversi agama. Konversi
Agama tidak memandang siapa orangnya atau usianya berapa, seseorang mampu
melakukan konversi agama dengan motivasi-motivasi apapun yang terjadi pada diri
seseorang yang ingin berpindah keyakinan yang dianutinya. Pada Era Milenial dianggap
sebagai generasi yang sangat terhubung secara digital yang dimana ditandai dengan
adanya perubahan kehidupan yang semakin modern dan canggih karena pada era milenial
sekarang apapun informasi sudah bisa didapatkan oleh kalangan masyarakat desa.
Fokus Penelitian Ini Yakni : Pertama, Apa Faktor Penyebab Terjadinya Konversi
Agama Era Milenial (Studi Kasus Motivasi Pelaku Konversi Agama Era Milenial Di
Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Malang) ?. Kedua, Bagaimana Motivasi Pelaku
Konversi Agama Era Milenial (Studi Kasus Motivasi Pelaku Konversi Agama Era
Milenial Di Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Malang) ?. Sedangkan Tujuan Penelitian
Ini Yang Pertama Untuk Mengetahui Dan Mendeskripsikan Tentang Faktor Penyebab
Terjadinya Konversi Agama Era Milenial. Dan Yang Kedua Untuk Mengetahui Dan
Mampu Mendeskripsikan Motivasi-Motivasi Apa Saja Yang Dialami Oleh Pelaku
Konversi Agama Era Milenial.
Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif - Studi Kasus. Untuk
Memperoleh Data Yang Dibutuhkan, Peneliti Melakukan Observasi, Wawancara,
Dokumentasi. Dalam Penelitian Ini Subyeknya Yakni Masyarakat Yang Ada Di Desa
Balesari Yang Memutuskan Untuk Berpindah Atau Sebagai Pelaku Konversi Agama.
Yaitu Intan Sekar Endah Sari, Inisial R, Cahayrani Riyandhika, Idha Bidayati, Dan Inisial
N.
Hasil Penelitian Ini Bahwa Terdapat Lima Pelaku Konversi Agama Dalam Desa
Tersebut. Mereka Mengalami Faktor Penyebab Terjadinya Konversi Agama Era Milenial
Dari Faktor Pernikahan, Faktor Sosial, Faktor Pengaruh Ilahi Dan Faktor Pembebasan
Dari Tekanan Batin. Mereka jugaTerdapat Dorongan Akan Kebutuhan Rasa Aman Dan
Dilindungi Dari Bahaya, Kebutuhan Akan Cinta Dan Rasa Memiliki, Kebutuhan Akan
Penghargaan Dan Kebutuhan Aktualisasi Diri. Dari Faktor Dan Motivasi Yang Mereka
Alami, Menurut Prespektif Komunikasi Bahwa Konversi Agama Yakni Suatu Proses
Interaksi Yang Melibatkan Komunikasi Interpersonal, Peran Media Massa Dan
Komunikasi Lintas Budaya Dalam Permasalah Didesa Tersebut. Interaksi Dengan
Keluarga, Teman, Dan Paparan Dari Media Massa Membentuk Sudut Pandang Seseorang
Untuk Berpindah Agama Demi Kebaikan Dalam Hidupnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs. Dea Sahda Nawa |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:12 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37111 |
Actions (login required)
View Item |