NASIFAH, NASIFAH (2024) PENERAPAN METODE FISHBOWL DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII B DI MTs AL JIDAYAH BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK 085 IPS 2024)
NASIFAH_201101090014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Fishbowl Discussion, Hasil Belajar, IPS
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa guru IPS di MTs
Al Hidayah Bondowoso masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah
dan penugasan dengan media papan tulis, yang mena penggunaan metode ini
menitik beratkan pada keaktifan guru dan siswa yang kurang maksimal dan siswa
yanng cenderung pasif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar
siswa yang kurang maksimal dari nilai KKM disebabkan oleh metode
pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton, membuat siswa
mudah bosan dan tidak mendengarkan materi dengan baik.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah metode fishbowl
discussion efektik untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII B di MTs Al
Hidayah Bondowoso tahun ajaran 2023/2024 ?.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengidentifikasi
apakah dengan menggunakan metode fishbowl discussion ini efektif atau tidak
untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII B di MTs Al Hidayah
Bondowoso tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action
researc) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan
menggunakan pendekatan Tindakan (Action research) yang mana dilakukan
dengan 3 siklus dan dalam setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Dalam setiap
siklusnnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini menggunakan hasil tes, observasi, dan pelaksanaan sebagai
instrumen dalam pengumpulan data.
Penerapan metode fishbowl discussion efektif untuk meningkatkan hasil
belajar. Peneliti melakukan perbaikan di siklus III dengan menerapkan metode
fishbowl discussion dan ditambah dengan gamesaat pembelajaran berlangsung
sehingga membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. Hal ini
ditunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi dan hasil dokumentasi hasil
belajar siswa pada siklus III, presentase observasi siswa mengalami peningkatan
sebesar 92,5% sedangkan hasil belajar siswa sudah mencapai nilai ketuntasan
sebesar 88,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | S.Pd NASIFAH NASIFAH |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37129 |
Actions (login required)
View Item |