Hubungan antara Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember

Jannah, Annida Nur Izzatul (2024) Hubungan antara Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annida Nur Izzatul Jannah _205101080005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Abad 21 menuntut manusia untuk beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, yang menjadi tantangan dalam pendidikan.Kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Dalam proses pembelajaran pastinya terdapat permasalahan yang dihadapi, menurut hasil wawancara guru biologi MAN 1 Jember mengungkapkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem reproduksi, dengan rata-rata nilai ulangan harian yang masih di bawah ketuntasan minimal. Adanya kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis yang baik pada siswa dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dengan salah satunya mendapat nilai yang memuaskan.

Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Untuk mengetahui kemampuan literasi sains, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA di MAN 1 Jember 2) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember 3) Untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember 4) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN 1
Jember.

Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jember dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni simple random l sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember memperoleh rata-rata presentase 73,56 % dengan kategori baik. Keterampilan berikir kritis siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember memperoleh rata-rata presentase 69,17 % dengan kategori baik dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA di MAN 1 Jember memperoleh rata-rata presentase 79,26% dengan kategori baik 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa dengan hasil pengujian hipotesis thitung = 4,376 > ttabel = 1,979. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar
siswa dengan hasil pengujian hipotesis thitung = 4,600 > ttabel = 1,979. 4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa dengan hasil pengujian hipotesis Fhitung = 24,757 > Ftabel = 3.07.

Kata Kunci : Kemampuan Literasi Sains, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Annida Nur Izzatul Jannah
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:50
Last Modified: 20 Nov 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37137

Actions (login required)

View Item View Item