Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Marta, Nilna Salsabila (2024) Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA Di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 041 T-BIO 2024)
Nilna Salsabila Marta_205101080013-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Proses belajar tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya motivasi. Motivasi belajar merupakan dorongan atau keinginan pada diri individu yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal yang menyebabkan siswa bersemangat untuk belajar agar mencapai tujuannya. Faktor eksternal ini salah satunya adalah adanya lingkungan belajar yang kondusif, dalam hal ini dapat berupa dukungan dari orang tua dan lingkungan belajar di sekolah. Dukungan penuh dari orang tua serta lingkungan sekolah yang baik dan kondusif diperlukan untuk menunjang kenyamanan dan keberlangsungan proses belajar di kelas, karena siswa yang nyaman akan lebih termotivasi untuk belajar.
Tujuan dari penelitian ini antara lain 1) Mendeskripsikan tingkat lingkungan belajar di sekolah siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember 2) Mendeskripsikan tingkat dukungan orang tua siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember 3) Mendeskripsikan tingkat motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember 4) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember 5) Mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember 6) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 196 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diambil sampel sebanyak 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Jumlah item valid variabel lingkungan belajar di sekolah sebanyak 24 item, variabel dukungan orang tua sebanyak 26 item, dan variabel motivasi belajar sebanyak 25 item dengan nilai reliabilitas masing-masing variabel adalah 0,902, 0,896, dan 0,899. Adapun analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aspek lingkungan belajar di sekolah siswa kelas XI MIPA berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 72,9%. 2) Aspek dukungan orang tua siswa kelas XI MIPA berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 73,13%. 3) Aspek motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 72,6%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi lingkungan belajar di sekolah terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember dengan hasil pengujian hipotesis 3,255 (thitung) > 1,977 (ttabel) dan tingkat keeratan hubungan yang terjadi sebesar 0,443 yang berada pada kategori cukup. 5) Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tuaterhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember dengan hasil pengujian hipotesis 5,231 (thitung) > 1,977 (ttabel) dan tingkat keeratan hubungan yang terjadi sebesar 0,530 yang berada pada kategori cukup. 6) Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Jember dengan hasil pengujian 33,280 (Fhitung) > 3,06 (Ftabel) dan tingkat keeratan hubungan yang terjadi sebesar 0,578 yang berada pada kategori cukup. Secara bersama-sama, kontribusi yang diberikan lingkungan belajar di sekolah dan dukungan orang tua sebesar 33,4%.

Kata kunci : Lingkungan Belajar Di Sekolah, Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nilna Salsabila Marta
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:55
Last Modified: 20 Nov 2024 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37141

Actions (login required)

View Item View Item