Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Virtual Laboratory pada Bab Materi dan Perubahannya untuk Siswa MTsN 01 Jember Kelas VII

Izzatul, Karimah (2020) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Virtual Laboratory pada Bab Materi dan Perubahannya untuk Siswa MTsN 01 Jember Kelas VII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Izzatul Karimah_T201510009.pdf

Download (37MB)

Abstract

Izzatul Karimah, 2020: Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Virtual Laboratory pada Bab Materi dan Perubahannya untuk Siswa MTsN 01 Jember Kelas VII Kata kunci: Pengembangan, Virtual Laboratory, Materi dan Perubahannya Penelitian ini dilatar belakangi karena terdapat keterbatasan alat dan bahan yang terdapat di laboratorium sekolah serta belum pernah digunakan media pembelajaran berbasis virtual laboratory, seperti yang kita ketahui bahwa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan konsep-konsep, atau prinsipprinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Kompetensi Dasar (KD) IPA 3.3 dan 4.3 kelas VII tentang bab Materi dan Perubahannya merupakan materi yang bersifat konseptual yang terdiri dari konsep-konsep yang bersifat abstrak maupun konkrit. Berdasarkan fenomena yang terdapat di sekolah, pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Laboratory efektif jika dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi keterbatasan alat dan bahan praktikum di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran IPA berbasis Virtual Laboratory untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember kelas VII, 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Virtual Laboratory untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Model 4-D ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develoment dan Disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini diperoleh hasil presentase validasi oleh validator ahli materi yaitu 90,41% dengan kriteria sangat valid, validator ahli media yaitu 99,44% dengan kriteria sangat valid dan validator ahli bahasa/ kependidikan yaitu 94,46% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis uji respon siswa skala kecil diperoleh hasil dengan rata-rata 90,46% dengan kategori sangat menarik sedangkan hasil analisis uji respon siswa skala besar diperoleh hasil dengan rata-rata 87,71% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Virtual Laboratory untuk siswa MTs kelas VII di MTs 01 Jember layak dan siap untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:02
Last Modified: 18 Mar 2022 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item View Item