PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII MTS AL-HIDAYAH TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Mustaqimah, Dina (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII MTS AL-HIDAYAH TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK 086 IPS 2024)
DINA MUSTAQIMAH-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Strategi Pembelajaran Aktif Fisika Self Assessment berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Al Hidayah Tenggarang Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen murni (true eksperimental design). Bentuk true eksperimen design yang digunakan adalah post test only control design, penentuan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, digunakan untuk memilih kelompok eksperimen (Kelas VIIA) dan kelompok kontrol (Kelas VIIA). Kelas VIIB) dari populasi siswa MTs Alhidayah. Data dikumpulkan melalui tes, angket dan dokumentasi, dengan fokus pada hasil belajar siswa. Uji instrumen dilakukan untuk menjamin validitas dan reliabilitas, sedangkan uji prasyarat seperti homogenitas dan normalitas digunakan untuk memenuhi asumsi statistik parametrik. Langkah analisis data meliputi pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-test,
Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai t hitung pada tes kognitif sebesar 7,783, lebih besar dari t tabel sebesar 2,052, dan nilai t hitung pada tes psikomotorik. sebesar 12,466, juga lebih besar dari t tabel sebesar 2,052. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Self-Assessment Fisik memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa baik secara kognitif maupun psikomotorik. Temuan ini memperkuat teori pembelajaran aktif yang menekankan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilannya. Oleh karena itu, strategi ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: UIN Dina Mustaqimah
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:18
Last Modified: 21 Nov 2024 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37161

Actions (login required)

View Item View Item