Sesarianti, Juniar Cici (2024) Hubungan Antara Peer Attachment Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 045 PI 2024)
Juniar Cici Sesarianti_201103050018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Juniar Cici Sesarianti, 2024 : Hubungan Antara Peer Attachment Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan.
Kata Kunci : Peer Attachment, Self-Regulated Learning, Siswa Kelas VII.
Salah satu pendorong kemajuan suatu negara adalah pendidikan. Kehidupan manusia tentunya tidak terlepas dari pendidikan. Pendidikan berperan sebagai pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang dalam usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Siswa adalah subjek dari pendidikan itu sendiri yang bertugas untuk mencari, menerima, dan menyimpan segala informasi yang telah diperoleh melalui pembelajaran. Siswa bertugas untuk belajar, belajar adalah suatu bentuk tindakan yang dilakukan atau telah dilakukan dialami sendiri oleh individu sehingga peer attachment memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Kepadatan kegiatan sekolah seperti ekstrakulikuler dan program-program yang dilaksanakan sekolah membuat para siswa kesulitan untuk menyesuaikan diri dalam belajarnya.
Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti apakah ada hubungan antara dengan self-regulated learning pada siswa kelas VII di SMPN 1 Bangil Pasuruan yang memilih program persiapan masuk SMA dan mendapatkan mata pelajaran tambahan sehingga beban belajarnya bertambah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara peer attachment dengan self-regulated learning pada siswa kelas VII di SMPN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa dari populasi sebanyak 371 siswa kelas VII di SMPN 1 Bangil. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian yang berisi skala-skala peer attachment dan self-regulated learning. Dan analisis data yang digunakan adalah correlation product moment pearson.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara peer attachment dan self-regulated learning. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dan menghasilkan nilai 0,492. Peer attachment memiliki hubungan korelasi yang sedang dengan self-regulated learning karena nilainya berada di antara 0,41 sampai dengan 0,60. Sehingga dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170203 Knowledge Representation and Machine Learning 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ms. Juniar Cici Sesarianti |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37163 |
Actions (login required)
View Item |