“Komunikasi Organisasi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020”

MUHAMMAD SIDIQ, PURNOMO (2020) “Komunikasi Organisasi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020”. Doctoral thesis, Pendidikan agama islam pascasarjana.

[img] Text
Muhammad Sidiq Purnomo_0849118039.pdf

Download (6MB)

Abstract

Purnomo, Muhammad Sidiq, 2020. “Komunikasi Organisasi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020” Tesis, Program Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing I: Dr. H. Zainuddin Alhaj Zaini, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Hj. St.Rodliyah, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Kepala Madrasah, Visi, Misi. Setiap organisasi terutama dalam lembaga satuan pendidikan madrasah agar dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik. Kepala madrasah yang menjadi pemimpin dalam lembaga satuan pendidikan madrasah harus mampu mewujudkan visi dan misi dengan melakukan komunikasi secara verbal maupun nonverbal yang baik pada lembaga yang dipimpinnya. Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana komunikasi organisasi kepala madrasah secara verbal dalam mewujudkan visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana komunikasi organisasi kepala madrasah secara nonverbal dalam mewujudkan visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan komunikasi organisasi kepala madrasah secara verbal dalam mewujudkan visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan komunikasi organisasi kepala madrasah secara nonverbal dalam mewujudkan visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dengan observasi semi partisipatif, wawancara semi struktur, dokumenter. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah yaitu: Teknik analisis data pada penelitian ini sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini: triangulasi, member check. Hasil penelitian ini adalah: 1) Komunikasi organisasi secara verbal melalui lisan yakni: forum rapat bulanan, mingguan, triwulan, upacara, melalui breafing pagi, melalui forum non formal seperti saat jam pelajaran kosong, bertemu di jalan, anjangsana, via telepon/WA dan memanggil pihak yang bersangkutan adapun fasilitas yang digunakan melalui pengeras suara. adapun hal yang dibahas adalah koordinasi, intruksi, pemberitahuan, motivasi, evaluasi. Sedangkan komunikasi secara verbal melalui tulisan yakni dengan: Surat, Laporan atau report, Manuals, Form atau formulir. 2). Komunikasi organisasi secara nonverbal vi melalui bahasa tubuh (kinesik) yaitu dengan uswatun hasanah, Membudayakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, salim), dengan melipat tangan, dengan menunjuk menggunakan jari, mengacungkan jempol saat memberikan reward. Sedangkan melalui paralanguage (vokalik) yakni kepala madrasah menggunakan intonasi yang tinggi disaat ada sesuatu yang mengagetkan untuk segera dibenahi, intonasi rendah digunakan disaat ada rahasia personal guru, intonasi sedang disaat pemimpin rapat, suka humoris

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:02
Last Modified: 29 Mar 2022 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item