WAQIYYATUL, HAYYUNI (2021) Problematika Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Miftahul Huda Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
WAQIYYATUL HAYYUNI_ T20174049.pdf Download (1MB) |
Abstract
Waqiyyatul Hayyuni, 2021: Problematika Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Miftahul Huda Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi Covid-19 Pada masa pandemi Covid-19 sistem pelaksanaan pembelajaran di Madrasah dilakukan secara daring (dalam jaringan). Sehingga awal pelaksanaan pembelajaran daring pada pembelajaran tematik mengalami banyak problem. Salah satu problem yang sering terjadi ialah tidak semua peserta didik memiliki smartphone. Hal ini juga terjadi di MI Miftahul Huda Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember yang mana mayoritas peserta didiknya tidak memiliki smarthphone sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran mengalami banyak problem. selain pembelajaran daring (dalam jaringan) di Madrasah MI Miftahul Huda Mlokorejo juga menerapkan pembelajaran luring (luar jaringan). Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19?, 2) Problem apa saja yang dihadapi pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis problem apa saja yang dihadapi pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya menggunakan analisis dskriptif kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring dan luring. a). Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui 3 proses yaitu, perencanaan meliputi: penyusunan RPP yang dibuat oleh guru kelas setiap pergantian Tema, pemilihan media dan sumber belajar. kemudian pelaksanaannya terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir, waktunya hari Kamis dan Jum’at dari jam 07.00-10.00 WIB dan evaluasinya melalui aplikasi whatsapp. b). Pelaksanaan pembelajaran luring yaitu, dilaksanakan setiap hari Senin sampai Rabu, waktunya mulai dari jam 08.00- 10.00 WIB, pelaksanaannya meliputi kegiatan awal, inti, dan akhir yang mana kegiatannya fokus pada setiap pertemuan satu mata pelajaran. 2) problematika pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring yaitu, a). Pendidik: keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dan peserta didik jarang mengerjakan tugas, b). Peserta didik: tidak semua peserta didik memiliki HP, koneksi dan jaringan internet yang kurang mendukung c). Orang tua: SDM orang tua yang tidak sama dan kesulitan dalam mendampingi belajar karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan problematika pembelajaran tematik secara luring yaitu, a). Pendidik: waktu pembelajaran dibatasi 2 jam dan kurangnya media pembelajaran, b). Peserta didik: peserta didik kurang maksimal dalam memahami penjelasan pendidik karena terbatasnya waktu pembelajaran hanya 2 jam, c). Orang tua: kekhawatiran orang tua kepada putera dan puterinya karena sering pulang terlambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:11 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 06:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3720 |
Actions (login required)
View Item |