Pengembangan E-handout Biologi Yang Diintegrasikan Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Sistem Reproduksi Untuk Peserta Didik Kelas XI IPA di MAN 3 Jember

Siti Khovivah, Romadhona (2021) Pengembangan E-handout Biologi Yang Diintegrasikan Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Sistem Reproduksi Untuk Peserta Didik Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Siti Khovivah Romadhona_T20178074.pdf

Download (15MB)

Abstract

Siti Khovivah Romadhona, 2021: Pengembangan E-handout Biologi Yang Diintegrasikan Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Sistem Reproduksi Untuk Peserta Didik Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Kata Kunci: E-handout, Integrasi, Materi Sistem Reproduksi Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pendidik biologi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran daring berupa lembar kerja siswa (lks), materi berformat pdf, power point, maupun video dari youtube. Salah satu tugas yang diberikan oleh pendidik selama pembelajaran daring yaitu “tugas wajib” yang wajib dikerjakan pada setiap materi yang selesai disampaikan dengan me-resume materi tersebut. Selain itu, selama pembelajaran daring penyampaian materi integrasi antara ayat-ayat Al-Qur’an dengan materi biologi tidak disampaikan, namun sebelumnya materi pengintegrasian tersebut disampaikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik berupa e-handout biologi yang di dalamnya memuat materi pengintegrasian antara ayat-ayat Al-Qur’an dengan materi sistem reproduksi agar peserta didik tidak lagi me-resume materi yang diberikan juga tetap mendapatkan materi pengintegrasian . Penelitian bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember ditinjau dari aspek validasi materi, 2) Mendeskripsikan kevalidan e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember.ditinjau dari aspek validasi media. 3) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Robert Maribe Branch melalui empat tahapan ADDIE yang disederhanakan yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jember, pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen validasi yang diserahkan kepada 3 validator ahli materi dan 2 validator ahli media dari dosen IAIN Jember dan satu pendidik biologi di MAN 3 Jember. Adapun hasil penelitian ini yaitu 1) kevalidan e-handout biologi yang ditinjau dari aspek validasi materi memperoleh persentase sebesar 94,25% dengan kategori sangat valid, 2) kevalidan e-handout biologi yang ditinjau dari aspek validasi media memperoleh persentase sebesar 95,20% dengan kategori sangat valid, dan 3) respon peserta didik terhadap e-handout biologi memperoleh persentase sebesar 82,19% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat AlQur’an pada materi sistem reproduksi dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran biologi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:11
Last Modified: 18 Mar 2022 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3721

Actions (login required)

View Item View Item