Agustin, Putri (2024) Manajemen Kurikulum Berbasis Multiple Intellegences Siswa di Pondok Pesantren Al-Amien Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 092 MPI 2024)
PUTRI AGUSTIN_SKRIPSI LENGKAP-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dengan dipadukannya kurikulum kemendikbud, kemenag dan kurikulum pesantren itu sendiri merupakan konsep pengembangan kombinasi antara pendidikan umum dan diniyah. Tentunya dalam pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk kombinasi antara pembelajaran diniyah dan umum yang saling berhubungan dan saling mendukung satu sama lain agar mudah difahami dan dimaknai secara menyeluruh oleh para santri.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikulum Berbasis Multiple Intellegences di pondok pesantren al-Amien? 2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Berbasis Multiple Intellegences di pondok pesantren al-Amien? 3)Bagaimana evaluasi Manajemen Kurikulum Berbasis Multiple Intellegences di pondok pesantren al-Amien. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen kurikulum dalam meningkatkan multiple intellegences di pondok pesantren al-Amien.2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum dalam meningkatkan multiple intellegences di pondok pesantren al-Amien. 3)Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan manajemen kurikulum dalam meningkatkan multiple intellegences di pondok pesantren al-Amien.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dari dokuemtasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Perencaanan manajemen kurikulum berbasis multiple intellegences: penentuan visi dan misi, strategi manajemen kurikulum berbasis multiple intellegences, penyusunan program. Pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis multiple intellegences: untuk mewujudkan managemen yang efektif maka perlu adanya membentuk pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis multiple intelegences yaitu kegiatan ekstrakulikuler tersebut, yang dimana perlu dirapatkan dan di sesuaikan dengan jam kegiatan pondok agar tidak bertabrakkan. Pelaksanaan inila yang mempengaruhi berkembangnya potensi bakat minat santri yang mengikuti kegiatan ekstraulikuler, dengan dibantu oleh pengasuh, ustadz yang mengajar serta pengurus yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yakni memiliki multiple intelegences. Evaluasi manajemen kurikulum berbasis multiple intellegences dalam management tidak akan berjalan lancar tanpa adanya evaluasi, bukan hanya managemen perkantoran, sekolah dll, tetapi managemen di pondok pesantren perlu adanya evaluasi, yang dimana dengan adanya evaluasi inilah yang akan mengembangkan tujuan pondok pesantren yakni santri memiliki multiple intellegences dengan kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan oleh pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ms putri agustin |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 06:35 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37218 |
Actions (login required)
View Item |