Pengembangan Media Manipulatif Monopoli Matematika pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 5 Jember.

Faiddatul Hasanah, - (2021) Pengembangan Media Manipulatif Monopoli Matematika pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Faiddatul Hasanah_T20177039.pdf

Download (12MB)

Abstract

Faiddatul Hasanah, 2021: Pengembangan Media Manipulatif Monopoli Matematika pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 5 Jember. Kata Kunci: Media Manipulatif, Monopoli Matematika, ADDIE, Persamaan dan Fungsi Kuadrat Media manipulatif merupakan benda-benda, alat-alat, model, atau mekanisme yang dapat digunakan untuk membantu dalam memahami selama proses pemecahan masalah yang berkaitan dengan suatu konsep atau topik matematika. Salah satu inovasi media manipulatif yang dapat dikembangkan sebagai media latihan soal adalah permainan matematika. Salah satu permainan matematika yang dapat dikembangkan adalah monopoli. Monopoli matematika adalah permainan yang didalamnya juga disuguhkan mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media manipulatif monopoli matematika pada materi persamaan dan fungsi kuadrat untuk siswa kelas X di SMK Negeri 5 Jember?, 2) Bagaimana kelayakan media manipulatif monopoli matematika pada materi persamaan dan fungsi kuadrat untuk siswa kelas X di SMK Negeri 5 Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media manipulatif monopoli matematika dan kelayakan media manipulatif monopoli matematika pada materi persamaan dan fungsi kuadrat untuk siswa kelas X di SMK Negeri 5 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji validasi ahli yaitu empat validator ahli dan subjek uji respon lapangan yaitu siswa kelas X PMT di SMKN 5 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses Pengembangan media manipulatif monopoli matematika dibagi menjadi lima tahap yaitu: (1) tahap analisis, tahap ini terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis karakteristik siswa. (2) tahap desain, tahap ini merupakan perancangan desain monopoli matematika. (3) tahap development, tahap ini dilakukan penilaian terhadap monopoli matematika oleh para validasi ahli dan guru matematika. (4) tahap Implementation, tahap ini dilakukan uji coba respon siswa skala kecil sebanyak empat siswa dan skala besar sebanyak 31 siswa. (5) tahap Evaluasi, tahap ini dilakukan tes ketuntasan belajar siswa berupa post-test. 2) Hasil validasi ahli media dan materi diperoleh kriteria sangat valid dengan presentase ahli media 86% dan ahli materi 91%. Untuk respon siswa skala kecil dan besar diperoleh kriteria sangat menarik dengan presentase skor untuk skala kecil sebesar 95% dan skala besar sebesar 92%. Sedangkan untuk analisis keefektifan diperoleh kriteria cukup efektif dengan presentase skor sebesar 74%. Dengan demikian, media manipulatif monopoli matematika telah memenuhi kriteria kevalidan, kemenarikan dan keefektifan, sehingga layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:11
Last Modified: 18 Mar 2022 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item