“Implementasi Program-program Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso”

Novi Hidayah, - (2020) “Implementasi Program-program Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Novi Hidayah_084 131 055.pdf

Download (10MB)

Abstract

Novi Hidayah, 2020. “Implementasi Program-program Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso” MAN Bondowoso merupakan lembaga pendidikan yang memiliki konsistensi tinggi yang berorientasi pada peningkatan karakter, akhlak, dan moral, peserta didik. Hal ini ditandai dengan adanya program-program kegiatan keagamaan di MAN Bondowoso yang menekankan kepada peningkatan karakter peserta didik dalam bentuk program keagamaan, dukungan dari warga sekolah. Adanya beberapa program keagamaan merupakan salah satu bentuk keseriusan madrasah dalam pembentukan karakter religius siswa sesuai dengan visi madrasah yaitu “unggul dalam prestasi, siap berkompetisi dan berjiwa islami” Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Program Keagamaan dalam Bentuk Program Harian, Mingguan, dan Tahunan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Keagamaan dalam Bentuk Program Harian, Mingguan, dan Tahunan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 3) Bagaimana Evaluasi Program Keagamaan dalam Bentuk Program Harian, Mingguan, dan Tahunan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber, serta analisis datanya adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan program harian pembacaan ayat suci al-Qur’an dan dholat dhuha dhuhur berjamah disusun oleh guru agama dibantu seluruh guru diawal tahun/semester pada rapat program kegiatan. Sedangkan perencanaan program mingguan bengkel sholat dan pembelajaran kitab di susun oleh guru agama dan dipekati oleh guru lain dan kepala madrasah bersamaan dengan program lain di awal tahun/semester. Khusus pembelajaran kitab sullamut taufiq dan safinatun najah guru membuat RPP sebelum pembelajaran. Perencanaan program tahunan manasik haji dan maulid Nabi dirancang oleh guru agama dibantu seluruh guru diawal semester dalam forum rapat program kegiatan. 2) Program keagamaan harian pembacaan al-qur’an dilaksanakan setiap hari dari pukul 06.30 sampai 07.00. Pembacaan al-Qur’an metode tartil oleh seluruh siswa diruang kelas masing-masing. Sedangkan program sholat dhuha dilakukan pukul 10.00 dan sholat dhuhur pukul 12.00 sampai selesai. Seluruh siswa, guru, dan karyawan wajib sholat dhuha dan dhuhur berjamaah di mushollah Ar-Raudho dan banat Ar-Raudhoh. Imam sholat dhuha dan dhuhur ialah guru agama dan guru lainya yang dirunjuk oleh sekolah sesuai urutan jadwal masing-masing. Program mingguan Program bengkel sholat diperuntukan untuk seluruh siswa dengan system bergantian kelas satu dengan yang lain sesuai dengan jadwal. Dilaksanakan pada saat sholat dhuha dan dhuhur berlangsung di ruangan bengkel sholat, didampingi oleh guru pendamping yang sudah terjadwal. Materi yaitu gerakan sholat dan lafal dalam sholat, beserta digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x macam-macam sholat. Sedangkan pembelajaran kitab kuning dilakukan 1x dalam1 minggu sesuai jadwal pelajaran dengan durasi 50 menit. Pembelajarang dilakukan diruang kelas atau di musholla/banat Raudhoh. Kelas X pembelajaran kitab Sullamut Taufiq dan kelas XI kitab Safinatun Najah. Program manasik haji dilakukan 1x dalam 1 tahun, kelas XI agama sebagai peraga/model dan kelas lain wajib memperhatikan, dilakukan diarea madrasah didampingi langsung oleh guru agama dalam proses pelaksanaanya. Materi tentang haji seperti ihrom, tawaf, wukuf, sa’i, lempar jumroh. Sedangkan program maulid Nabi Muhammad dilaksanakan satu tahun satu kali pada saat bulan maulid. Seluruh kelas wajib melaksanakan maulid dengan bekerjasama dengan lembaga yang ada di masyarakat. 3) Evaluasi untuk program harian pembacaan al-Qur’an dilakukan diakhir semester (sumatif) dengan tes lisan. Sedangkan Evaluasi untuk program mingguan bengkel sholat dilakukan setelah selesai pembahasan (formatif) dan dengan pengamatan. Terakhir Evaluasi program tahunan manasik haji dilakukan pada saat berlangsungnya praktek dengan cara pengamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:12
Last Modified: 18 Mar 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item