Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Lapisan Bumi Dan Bencana Alam Kelas VII SMP Darul Muttaqien

ANIROTUL, HAFITA (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Lapisan Bumi Dan Bencana Alam Kelas VII SMP Darul Muttaqien. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tardis IPA.

[img] Text
ANIROTUL HAFITA_T201710087.pdf

Download (8MB)

Abstract

Anirotul Hafita, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Lapisan Bumi Dan Bencana Alam Kelas VII SMP Darul Muttaqien Kata Kunci: Media pembelajaran, multimedia interaktif, lapisan bumi dan bencana alam. Multimedia interaktif merupakan kombinasi berbagai media dari komputer, video, audio, gambar dan teks yang saling terintegrasi yang mampu untuk berinteraksi dengan penggunaanya. Berdasarkan analisis kebutuhan bahwasanya materi lapisan bumi dan bencana alam dianggap sulit oleh beberapa siswa SMP Darul Muttaqien. Hal tersebut disebabkan materi lapisan bumi memiliki karakteristik abstrak dan tidak bisa diamati secara langsung. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut, perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk pembelajaran IPA pada lapisan bumi dan bencana alam tingkat SMP. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan validasi media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi lapisan bumi dan bencana alam kelas VII SMP Darul Muttaqien (2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap media pembelajara berbasis multimedia interaktif pada materi lapisan bumi dan bencana alam kelas VII SMP Darul Muttaqien. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research & Development (R&D) dengan menggunakan model yang diadopsi oleh Robert Maribe Brach yaitu ADDIE yang memiliki empat (5) alur tahapan yaitu Analyze (analisis),Design (desain), Develop (pengembangan), Implementasi (implementasi) dan Evaluation(evaluasi) Namun, tahapannya dibatasi sampai pada tahap evaluation disebabkan keterbatasan waktu dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah skala likert dengan 5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kuntitatif dan data kualitatif dari ahli materi, ahli media serta respon siswa. Data kuntitatif merupakan data data berupa skor (persentase), sedangkan kualitaif merupakan data berupa kementar dan saran dari ahli materi, ahli media serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli materi memenuhi validasi 92%, ahli media memenuhi validasi 91,6% dan respon siswa menyatakan menarik 91,1% sehingga media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat menarik. Kesimpulan hasil peneliti ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran dan memenuhi kriteria menarik untuk digunakan pada mata pelajaran IPA materi lapisan bumi dan bencana alam di SMP Darul Muttaqien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:12
Last Modified: 18 Mar 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item