Nur Isnaini, Risa (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas vii smp asy syuja'i rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 056 Tadris-MTK 2024)
skripsi watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Abstrak
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar, Bentuk
Aljabar
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu
kompetensi yang sangt penting untuk dikuasai oleh siswa dalam menyelesaikan
perasalahan soal-soal matematika. Faktor yang mempengaruhi kemampuan
pemecahan masalah matematis salah satunya adalah minat belajar pada diri siswa
dalam mempelajari pembelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskrisikan kemampuan pemecahan
masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa yang tinggi pada materi
bentuk aljabar kelas VII SMP Asy Syuja'i Rambipuji, 2) mendeskripsikan
kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa yang
sedang pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Asy Syuja'i Rambipuji, dan 3)
mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat
belajar siswa yang rendah pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Asy Syuja'i
Rambipuji.
Jenis penelitian yang digunakan dengan pendeketan kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Asy Syuja'i Rambipuji. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 3
subjek siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan
pemberian angket minat belajar, tes soal cerita bentuk aljabar dan wawancara.
Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu
kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa ditinjau dari minat belajar siswa pada materi bentuk
aljabar yang didalam soalnya memuat operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian : 1) kategori tinggi, subjek dapat menuliskan dan
menjelaskan dengan baik dan tepat secara sistematis pada semua langkah
indikator Polya pada soal ke1-3, dan hanya saja satu kali salah dalam menghitung
hasil akhir pada soal ke3 operasi pembagian. 2) Kategori sedang, subjek dapat
menuliskan dan menjelaskan dengan baik dan tepat pada langkah indikator
memahami masalah pada soal ke1-3. Dan subjek sedang satu kali tidak dapat
menuliskan dan menjelaskan pada langkah indikator merencanakan penyelesaian,
menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali pada
soal ke3 operasi pembagian. 3) Kategori rendah, subjek dapat menuliskan dan
menjelaskan dengan baik dan tepat pada langkah indikator memahami masalah
pada soal ke1-3. Subjek rendah satu kali tidak dapat menuliskan dan menjelaskan
pada langkah indikator merencanakan penyelesaian dan melakukan pengecekan
kembali pada soal ke3. Dan subjek rendah dua kali tidak dapat menuliskan dan
menjelaskan pada langkah indikator menyelesaikan masalah sesuai rencana pada
soal ke2 dan ke3 operasi pembagian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Risa Nur Isnaini |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:43 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 03:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37282 |
Actions (login required)
View Item |