“Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021”.

Hawin Velayati, Sasmita Dewi (2021) “Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Hawin Velayati Sasmita Dewi-T20174061.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hawin Velayati Sasmita Dewi, 2021: “Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021”. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi Covid-19 Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Penerapan pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 disetiap sekolah memiliki aturan, cara, dan strategi masing-masing sesuai dengan zonanya. Ada berbagai cara, strategi, media, dan permasalahan yang ditimbulkan dari perbedaan- perbedaan penerapan pembelajaran tematik. Adapun penerapan pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi. Khususnya pada kelas III dibagi menjadi dua, yaitu pembelajaran online (daring) dan pembelajaran langsung (luring). Pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi selama 5 hari dalam seminggu mulai dari pukul 07.00 pagi sampai dengan 20.00 malam. Sedangkan pembelajaran luring dilakukan satu hari dalam seminggu selama 4 jam yang di mulai pukul 07.00 sampai dengan 10.00 siang. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring pada masa pandemi covid-19 di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik secara luring pada masa pandemi covid-19 di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? ; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembelajaran tematik secara daring pada masa pandemi covid-19 di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021 ; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik secara luring pada masa pandemi covid-19 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian peneliti menggunakan purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitataif model Miles dan Huberman, dan Saldana. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa covid-19 di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi dilakukan dengan pembelajaran daring yaitu: a). Dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas III dilaksanakan pada hari senin, selasa, rabu, jum’at, dan hari sabtu. Dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 20.00. b) Media yang digunakan oleh guru dan peserta didik untuk mengirimkan tugas dan video pembelajaran menggunakan whatsapp grup. c) Media yang digunakan oleh guru untuk membuat soal evaluasi formatif menggunakan google form. d) Sumber belajar penunjang untuk latihan peserta didik guru menggunakan video pembelajaran dari youtube dan lembar kerja peserta didik. 2) Pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 secara luring di viii 9 kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi yaitu: a). Pada masa covid-19 pembelajaran luring dilakukan pada hari kamis mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 siang. b) Media yang digunakan guru dan peserta didik pada waktu pembelajaran luring yaitu kertas lipat dan buku bergambar. c) Media untuk membuat soal langsung di tulis di papan tulis dan terkadang juga diketik dan di fotocopy dalam bentuk soal latihan. d) Sumber belajar penunjang untuk pendalaman materi guru menggunakan lembar kerja peserta didik yang digunakan setiap pembelajaran luring dilaksanakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:12
Last Modified: 29 Mar 2022 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3729

Actions (login required)

View Item View Item