PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBENTUK POSTER INFOGRAFIS UNTUK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH UNGGULAN AL-QODIRI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hasanah, Uswatun (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBENTUK POSTER INFOGRAFIS UNTUK KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH UNGGULAN AL-QODIRI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 084 IPS 2024)
USWAH SIDANG FIX (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (34MB)

Abstract

Berdasarkan temuan di MTs. Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, yaitu pendidik merasa kesulitan dan kekurangan terkait media pembelajaran dan kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran yang menarik. Materi pelajaran IPS yang terlalu banyak dan bersifat hafalan menjadikan peserta didik beranggapan bahwa mata pelajaran IPS kurang menarik dan sulit dipahami, sehingga menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran poster infografis dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi IPS.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini antara lain : 1) Bagaimanakah validitas terhadap media pembelajaran berbentuk poster infografis pada materi Masa Kemerdekaan Indonesia (1945-1950). 2) Bagaimana tingkat keefektifan media pembelajaran berbentuk poster infografis pada materi Masa Kemerdekaan Indonesia (1945-1950) di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini antara lain : 1) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran berbentuk poster infografis pada materi Masa Kemerdekaan Indonesia (1945-1950) di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 2) Untuk mengukur tingkat keefektifan media pembelajaran berbentuk poster infografis pada materi Masa Kemerdekaan Indonesia (1945-1950) di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan Model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu, Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar angket kebutuhan peserta didik, lembar ahli validasi, angket respon peserta didik, dan nilai pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase validasi, persentase validasi, persentase tingkat kelayakan, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis data keefektifan menggunakan Uji Normalitas dan Uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media mendapatkan persentase sebesar 95%, 100%, dan 95% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil uji efektifitas dari uji Mann-Whitney dengan menggunakan aplikasi SPSS statistics versi 22 memperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan ada perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Skripsi Uswatun Hasanah
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:15
Last Modified: 28 Nov 2024 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37290

Actions (login required)

View Item View Item