Firdaus, Rifqi (2024) Manajemen Strategi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Jiwa Kemandirian Santri (Studi Multikasus Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan dan Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi). Doctoral thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
DISERTASI RIFQI FIRDAUS TTD.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (60MB) |
Abstract
Firdaus, Rifqi Manajemen Strategi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Jiwa Kemandirian Santri (Studi Multikasus Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan dan Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi), Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS Jember). Promotor: Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, SE, M.Si. dan Co-Promotor: Dr. H. Misbahul Munir, MM.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pendidikan Kewirausahaan, Kemandirian Santri. Pondok Pesantren dihadapkan pada tantangan global dan kebutuhan masyarakat yang meningkat, sehingga penting bagi Pesantren untuk membekali santrinya dengan beragam kecakapan hidup, salah satunya ialah Pendidikan Kewirausahaan. Hal ini merupakan upaya nyata untuk mengajarkan keterampilan dan semangat mandiri kepada santri, sehingga setelah mereka lulus, mereka dapat sukses dalam bekerja secara profesional.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana Formulasi Strategi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Jiwa Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan dan Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi? 2) Bagaimana Implementasi Strategi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Jiwa Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan dan Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Jiwa Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan dan Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Studi Multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Pengumpulan data, Kondensasi Data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan trianggulasi data, trianggulasi waktu dan trianggulasi sumber.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pendidikan kewirausahaan di Pesantren Mabadi’ul Ihsan dan Pesantren Minhajut Thullab mencakup tiga tahapan: 1) formulasi strategi, meliputi pengembangan visi dan misi, analisis eksternal dan internal, penetapan strategi dan dalam tahapan formulasi ini diperkuat dengan aspek spiritual atau transendental melalui istikharah dalam menentukan program.; 2) implementasi strategi yang terbagi dalam tiga pendekatan, yaitu a) pengembangan budaya mandiri dan pelibatan santri dalam kewirausahaan, b) Kurikulum Pendidikan kewirausahaan yang terintegrasikan dengan mata pelajaran di Lembaga Formal, dan c) pelatihan dan lokakarya kewirausahaan; dan 3) evaluasi strategi, dilakukan melalui evaluasi tujuan, praktik, dan kinerja, di mana hasilnya digunakan sebagai bahan review dan tinjauan pengembangan pendidikan kewirausahaan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | men rifqi firdaus |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 08:46 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 08:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37308 |
Actions (login required)
View Item |