Khoirul Anwar, - (2021) Implementasi Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas VA Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Khoirul Anwar_ T20174092.pdf Download (4MB) |
Abstract
Khoirul Anwar 2021: Implementasi Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas VA Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode Jarimatika merupakan salah satu cara atau teknik yang digunakan untuk berhitung dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan menggunakan jari tangan sebagai medianya. Di MIN 6 Jember dalam pembelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian menerapkan metode jarimatika ini yang bertujuan agar siswa lebih antusias dan tidak bosan dalam proses pembelajaran. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 3 yaitu, 1) Bagaimana Implementasin Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Apa Kelebihan Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Apa Kekurangan Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Adapun Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui proses Implementasi Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) untuk mendeskripsikan Kelebihan Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) untuk mendeskripsikan Kekurangan Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yang digunakan adalah fenomenologi. Sumber data penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive, yaitu teknik pemilihan informan yang dipandang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan dalam penelitian, informan pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Kelas V, dan Siswa Kelas VA di MIN 6 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan konsep dari Huberman, Miles dan Saldana yaitu Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian Implementasi Metode Jarimatika Pada Materi perkalian dan Pembagian Kelas VA di MIN 6 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 ini adalah 1) Implementasi metode jarimatika pada materi perkalian dan pembagian kelas VA di MIN 6 jember meliputi; Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru memberikan gambaran awal mengenai konsep jarimatika (modeling). Tahapan Pelaksanaan, yaitu penanaman dan pemahaman konsep metode jarimatika, Pembinaan Keterampilan/praktek metode jarimatika. Tahap akhir yaitu Evaluasi, Evaluasi terdiri dari Tes tertulis dan Tes non tertulis/lisan. 2) Kelebihan metode jarimatika pada materi perkalian dan pembagian kelas VA di MIN 6 Jember yaitu Siswa lebih aktif, Dapat divisualkan, lebih menarik, efisien, dapat diajarkan secara luas, melatih otak kanan dan kiri, alat yang digunakan tidak perlu beli. 3) Sedangkan kekurangannya yaitu siswa sering salah dalam mengkalikan dan menambahkan, tidak semua dapat diselesaikan dengan jarimatika, jika kurang latihan siswa akan lambar menghitung dibandingkan berhitung dengan alat sempoa, dan terdapat rumus-rumus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:12 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3731 |
Actions (login required)
View Item |