Romadhon, Triska Firdiana (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK MASYARAKAT PADA PT. SAMIRA ALI WISATA CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 195 ES 2024)
TRISKA FIRDIANA ROMADHON_E20192425.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Triska Firdiana Romadhon dan M.F Hidayatullah: Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat Pada PT. Samira Ali Wisata Cabang Jember
Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Daya Tarik Masyarakat.
Layanan penyedia jasa umroh pada hari ini sudah sangat banyak, sehingga persaingan yang hadir cukup ketat. PT. Samira Ali Wisata sebagai salah satu penyedia jasa travel umroh dan haji memiliki strategi pemasaran yang cukup teruji, karena dari sekian banyak jasa travel haji dan umroh yang sudah gulung tikar karena tidak mampu bersaing, PT. Samira Ali Wisata masih mampu bersaing
dengan layanan jasa lainnya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
strategi pemasaran oleh PT.Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat?. 2) Apa kendala strategi pemasaran oleh PT.Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat?. 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala strategi pemasaran oleh PT.Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran oleh PT.Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat. 2) Untuk mendeskripsikan kendala strategi pemasaran oleh PT.Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat. 3) Untuk mendeskripsikan solusi mengatasi kendala strategi pemasaran oleh PT.Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, menggunakan teknik pendekatan kualitaif deskriptif. Adapun teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan merupakan analisis data dan teknik triangulasi sumber dan tringulasi teknikmerupakan keabsahan data yang digunakan.
Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi tiga. Pertama, Strategi pemasaran oleh PT. Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat menggunakan dua metode berupa metode STP dan bauran pemasaran atau marketing mix 7P yang meliputi: produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (procced) dan tampilan fisik (phycis). Kedua, Kendala strategi pemasaran oleh PT. Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat dialami pada implementasi metode bauran pemasaran (marketing mix 7P), kendala tersebut terbagi menjadi tiga kendala yaitu kurangnya modal, sumberdaya manusia dan inovasi. Ketiga, Solusi mengatasi kendala strategi pemasaran oleh PT. Samira Ali Wisata dalam meningkatkan daya tarik masyarakat adalah menjalin kerja sama, mengadakan pelatihan dan menghadirkan inovasi serta riset yang mendalam untuk membuat program inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Triska Firdiana Romadhon |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 08:35 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 08:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37321 |
Actions (login required)
View Item |