Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Disiplin dan Religius Siswa dI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.

HENI HIDAYATI, - (2020) Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Disiplin dan Religius Siswa dI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
HENI HIDAYATI_T20164008.pdf

Download (8MB)

Abstract

Heni Hidayati, 2020: Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Disiplin dan Religius Siswa dI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Sinergitas guru dan orang tua sekarang ini mutlak diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar hal tersebut. Pada realitanya dalam setiap proses mengajar ataupun diluar mengajar, guru membutuhkan dukungan dan adanya kerjasama dari pihak keluarga (orang tua). Jadi secara fitrah, orang tua dalam pendidikan anak-anaknya berpengaruh pada setiap prosesnya , dan ada kewajiban sebagai orang tua dalam mendidik dan mengasuh serta membimbing anak-anaknya ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian terhadap sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin dan religius siswa yang peneliti lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember sebagai lembaga adanya sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin dan religius siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimana perencanaan, pelaksaan dan evaluasi sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin dan religius siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin dan religius siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, sampai verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data dicek menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Melalui perencanaan sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter siswa yaitu dengan menggunakan rapat dan membuat kesepakatan mengenai isi dari lembar kedisiplinan dan lembar shalat. 2) Melalui pelaksanaan sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter siswa yaitu dengan menggunakan lembar kedisiplinan dan lembar shalat yang berisikan point-point yang harus dilaksanakan oleh siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. 3) Melalui evaluasi sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter siswa. yaitu didalamnya membahas mengenai kendala-kendala yang dihadapi pada saat proses pelaksanaan sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan nilai karakter disiplin dan religius siswa beserta solusi yang diberikan dalam menghadapi kendala-kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:12
Last Modified: 18 Mar 2022 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3733

Actions (login required)

View Item View Item