Putri, Dian Cahyani (2024) Strategi Frontliner Dalam Mengoptimalkan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network) Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 143 PS 2024)
DIAN CAHYANI PUTRI_204105010053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (27MB) |
Abstract
Dian Cahyani Putri, Mohammad Mirza Pratama, 2024: Strategi Frontliner Dalam Mengoptimalkan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network) Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember.
Kata Kunci: Strategi Frontliner, MDIN, Bank Syariah
Industri perbankan semakin gencar dalam membuat suatu sistem yang menggabungkan antara teknologi informasi dengan financial. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi segala aspek kegiatan pada bank untuk mencapai targetnya. Dalam menyikapi hal ini Bank Muamalat meluncurkan sebuah fitur layanan berbasis aplikasi Mobile Banking MDIN (Muamalat Digital Islamic Network).
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi Frontliner dalam mengoptimalkan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network) pada Bank Muamalat Kantor cabang Jember? 2). Apa saja kendala dan kemudahan yang dirasakan nasabah menggunakan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network)?
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui strategi frontliner dalam mengoptimalkan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network) pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. 2). Mengetahui apa saja kendala dan kemudahan yang dirasakan nasabah pada saat menggunakan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network).
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pihak frontliner dalam mengoptimalkan MDIN (Muamalat Digital Islamic Network) pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember yaitu dapat dianalisis menggunakan teori strategi pelayanan pada perbankan yang meliputi responsiveness, competence, contribution, honestly dan service excellent. 2). Kendala yang dihadapi adalah sulitnya mengedukasi pihak nasabah yang sudah lansia, yang seringkali tidak memiliki smartphone atau kurang memahami internet dan fitur aplikasi MDIN (Muamalat Digital Islamic Network) dan jaringan yang tiba-tiba mengalami down. Sedangkan kemudahan yang dirasakan adalah mengurangi transaksi dikantor memudahkan serta meningkatkan kenyamanan dan efisiensi transaksi perbankan bagi nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Dian Cahyani Putri |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:53 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37333 |
Actions (login required)
View Item |