Hasanah, Zahrotun Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI VIRTUAL REALITY (VR) PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS MIFTAHUL ULUM RANUYOSO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jenber.
Text
SKIPSI ZAHRO FIXX.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (23MB) |
Abstract
Zahrotun Nur Hasanah, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Virtual Reality (Vr) Pada Mata Pelajaran Ips di Mts Miftahul Ulum Ranuyoso Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Virtual Reality, Mata Pelajaran IPS.
Media pembelajaran berbasis aplikasi virtual Reality merupakan suatu konsep atau ide kreatif yang digunakan untuk media pembelajaran. Virtual Reality sendiri berkonsep seperti sebuah game 3D yang bisa di mainkan menggunakan HP namun Virtual Reality ini diguankan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis aplikasi virtual reality (VR) pada mata pelajaran IPS materi mengenal Negara-Negara ASEAN di MTs. Miftahul Ulum Ranuyoso Tahun Pelajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi virtual reality (VR) pada mata pelajaran IPS materi mengenal Negara-Negara ASEAN di MTs. Miftahul Ulum Ranuyoso Tahun Pelajaran 2024/2025. (3) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis aplikasi virtual reality (VR) pada mata pelajaran IPS materi mengenal Negara-Negara ASEAN di MTs. Miftahul Ulum Ranuyoso Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Devolepment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan soal latihan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Ranuyoso yang berjumlah 10 orang siswa uji kelompok kecil dan 20 orang siswa sebagai uji coba kelompok besar. Instrument penelitian berupa angket validasi untuk mendapatkan kevalidan dan validator ahli Desain, ahli materi dan ahli bahasa. Angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui data kepraktisan. Untuk mengetahui data keefektifan melalui hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian (1) pada tingkat kevalidan media pembelajaran Virtual Reality oleh semua para validator ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli Bahasa. Adapun rincian masing-masing skor yang diperoleh dari para ahli adalah validator ahli media diperoleh skor 87,5%, validator ahli materi diperoleh skor 83,33%, validator ahli Bahasa diperoleh skor 93,75%. (2) untuk kepraktisan dilihat dari hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87,5% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran virtual reality dikatan sangat praktis. (3) tingkat keefektifan pada penelitian ini terpenuhi karna media pembelajaran virtual reality yang dikembangkan dapat hasil pretest dan post-test sebesar 70% sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran virtual reality Efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Unnamed user with email zahrotunnurhasanah180@gmail.com |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:19 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37346 |
Actions (login required)
View Item |