Herawati, Junnita Wanda (2024) Pengaruh Pengetahuan, Skill, Dan Etika Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK 147 PS 2024)
Junnita Wanda Herawati_214105010006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pengetahuan dan skill pegawai merupakan faktor penting yang menentukan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang cepat, akurat, dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sementara itu, etika pegawai menekankan pada sikap jujur, amanah, dan profesional, yang juga berperan penting dalam membangun kepercayaan nasabah terhadap lembaga keuangan syariah. Mengadopsi teori servqual bahwa kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada dipengaruhi oleh pengetahuan, skill, dan etika.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada? 2) Apakah skill berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada? 3) Apakah etika pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada? 4) Apakah pengetahuan, skill, dan etika pegawai secara simultan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada, 2) Untuk mengetahui pengaruh skill terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada, 3) Untuk mengetahui pengaruh etika terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada, 4) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, skill, dan etika pegawai terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Dalam pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan cara yang dirumuskan oleh slovin. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kualitas pelayanan Sedangkan skill (X2) dan etika (X3) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan secara simultan variabel pengetahuan, skill, dan etika pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Kata Kunci: Pengetahuan, Skill, Etika Pegawai, Kualitas Pelayanan, Bank Syariah Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Junnita Wanda Herawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:12 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37349 |
Actions (login required)
View Item |