MAULIDATUL, HASANAH (2021) Penerapan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Maulidatul Hasanah_T20174059.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maulidatul Hasanah, 2021: Penerapan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Jember. Kata Kunci: Kelompok Belajar, Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi Covid 19. Kelompok Belajar merupakan salah satu alternatif yang dipilih MI Al Fattah Serut 06 untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa pandemi, strategi ini menarik untuk diteliti karna relevan atau sesuai dengan kondisi saat ini (Pandemi covid 19), Kelompok Belajar diterapkan untuk mengatasi kesenjangan antara peserta didik dan guru, serta metode ini juga diharapkan dapat mempermudah proses belajar mengajar dan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, meskipun dalam skala kecil dan batas waktu tertentu. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember. 2) Bagaimana Pelaksanaan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember. 3) Bagaimana Evaluasi Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember. (2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember. (3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif jenis penelitian Kualitatif Deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi tidak partisipatif, dan dokumentasi. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa: Penerapan Kelompok Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi di MI Al Fattah Serut 06 Panti Jember telah diwujudkan dengan 3 tahap, yaitu (1) Perencanaan, dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, media pendidikan serta materi yang akan disampaikan, mengelompokkan peserta didik yang rumahnya berdekatan, muka, membuat jadwal tatap muka setiap kelompok. Kelompok Belajar, membuat grup Whatsapp untuk mengirimkan informasi terkait tugas dan lainnya. (2) Pelaksanaan, yang terdiri dari tiga tahap yaitu Kegiatan awal, Kegiatan Inti, dan Kegiatan penutup. Pada masa pandemi pembelajaran di pangkas lebih singkat yaitu mulai jam 07.00 – 09.30 WIB dengan menggunakan baju bebas dan sopan serta memakai masker, mematuhi protokol kesehatan. (3) Tahapan terakhir dalam pelaksanaan Kelompok Belajar adalah tahapan evaluasi pembelajaran penilaian pembelajaran kelompok belajar meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diamati pada pembelajaran tatap muka Kelompok Belajar dan pemberian tugas tambahan di luar jam tatap muka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:12 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3735 |
Actions (login required)
View Item |