Hakiki, Rizka Nurul (2024) Implementasi Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTS Bahrul Ulum Mayang Jember Tahun Pelajaran 2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text (SK 227 PAI 2024)
Rizka Nurul Hakiki_202101010070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Rizka Nurul Hakiki, 2024: implementasi metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTS bahrul ulum tahun pelajaran 2024
Kata kunci: Metode Card Sort, Akidah Akhlak
Pembelajaran akidah akhlak dalam pelaksanaanya membutuhkan metode yang tepat, sehingga dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik lebih efektif dan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik. Metode yang digunakan pada mata pelajaran akidah akhlak adalah metode card sort. Metode ini meminta kepada masing-masing siswa untuk mempresentasikan isi kartu yang ada di kelompoknya. Metode ini membantu peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap secara aktif.
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi metode card sort pada mata pelajaran akidah kelas VII di MTS bahrul ulum mayang jember. Fokus pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaan metode Card Sort pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTS Bahrul Ulum Mayang Jember tahun 2024?. 2) bagaimana pelaksanaan implementasi metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTS bahrul ulum Mayang Jember tahun 2024?. 3) bagaimana evaluasi implementasi metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTS bahrul ulum Mayang Jember tahun 2024?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu 1) perencanaan pendidik mata pelajaran akidah akhlak mempersiapkan perangkat pembelajaran yakni menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar metode card sort, buku paket sebagai acuan pembelajaran. 2) pelaksanaan pendidik melaksanakan tiga tahap meliputi, a) kegiatan pendahuluan yakni meliputi prndidik mengucapkan salam, memimpin doa,absensi siswa dan menyampaikan materi pembelajaran secara singkat, b) kegiatan inti meliputi langkah-langkah penerapan metode card sort yaitu pendidik memberikan membagikan kartu yang berisi materi yang sudah disampaikan, pendidik menjelaskan cara pelaksanaan metode card sort, pendidik meminta peserta didik untuk mencari artu yang sama sesuai dengan kategori dan meminta peserta didik untuk berdiskusi, pendidik meminta pesera didik untuk menempelkan kartunya di papan tulis sesuai dengan kategori materi masing-masing, dan terahir pendidik meminta perwakilan kelompok untuk maju dan mempresentasikan hasil diskusi. c) kegiatan penutup yakni meliputi pendidik memberikan soal evaluasi dan diakhiri dengan membaca doa bersama 3) evaluasi formatif yakni pendidik memberikan tes tulis berupa pilihan ganda dan esay yang ada di buku paket dan non tes dengan mengamati tingkah laku dan keaktifan peserta didik ketika kegiatan belajar mengajar dimulai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mis Rizka Nurul Hakiki |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:49 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37352 |
Actions (login required)
View Item |