PEMANFAATAN KOPERASI SEKOLAH SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 AMBULU

Roji, Muhammad Bahrul (2024) PEMANFAATAN KOPERASI SEKOLAH SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 AMBULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
muhammad bahrul roji 202101090067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Koperasi sekolah adalah salah satu program yang dapat dimanfaatkan dan memiliki kekhasan tersendiri dibanding program sekolah lainnya. Hal ini dikarenakan koperasi sekolah memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai organisasi pendidikan sekaligus sebagai organisasi usaha. Koperasi sekolah yang didirikan di SMP Negeri 2 AMBULU ini memiliki beberapa peran penting, baik bagi sekolah maupun bagi peserta didiknya. Diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran IPS pada siswa SMP juga terdapat sub pokok bahasan tentang Badan Usaha yang memuat koperasi sebagai salah satu contohnya, sehingga jika sekolah tersebut memiliki koperasi sekolah setidaknya koperasi sekolah tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah Pemanfaatan Koperasi Sekolah sebagai Bahan Ajar Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 AMBULU?. Tujuan penelitian ini yaitu Mendeskripsikan Bagaimana Memanfaatkan Koperasi Sekolah sebagai Bahan Ajar Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 AMBULU.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sistematik, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, seperti memperpanjangpengamatan, meningkatkanketekunan dan triangulasi data.
Penelitian ini memperoleh Nilai-Nilai yang ada dalam Kehidupan Koperasi Sekolah di SMP Negeri 2 Ambulu yaitu dengan melihat keadaan dan peranan koperasi sekolah yang mendukung adanya nilai-nilai karakter koperasi sekolah yang ditanamkan kepada peserta didik, diamtaranya: 1) Pembukuan atau pencatatan transaksi secara jujur dan terbuka, 2) Menanamkan nilai kegotong royongan dan kerja keras antara peserta didik, guru dan karyawan sekolah, 3) Menumbuhkan kepedulian antar peserta didik, 4) meningkatkan semangat kekeluargaan sesama peserta didik. Pemanfaatan Koperasi Sekolah dapat Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Negeri 2 Ambulu didapatkan bahwa dalam memanfaatkan koperasi sekolah peserta didik dapat menumbuhkan karakter dalam diri mereka masing-masing. Koperasi Sekolah Bermanfaat sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ambulu dilakukan sebagai ruang atau laboratium praktik untuk peserta didik dalam pembelajaran IPS, dalam hal ini Koperasi sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS oleh peserta didik dengan sub Materi khususnya sub bahasan koperasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koperasi Sekolah, Bahan Ajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Muhammad Bahrul Roji
Date Deposited: 03 Dec 2024 06:22
Last Modified: 03 Dec 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37356

Actions (login required)

View Item View Item