Pengembangan Booklet Digital Submateri Serangga (Insekta) Di Rumah Serangga Kalibaru Sebagai Sumber Belajar Pada Siswa Kelas X SMA NU Kalibaru

Fajriah, Afifatul (2024) Pengembangan Booklet Digital Submateri Serangga (Insekta) Di Rumah Serangga Kalibaru Sebagai Sumber Belajar Pada Siswa Kelas X SMA NU Kalibaru. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 055 Tadris BIO 2024)
Afifatul Fajriah_205101080018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Afifatul Fajriah, 2024 : Pengembangan Booklet Digital Submateri Serangga (Insekta) di Rumah Serangga Kalibaru Sebagai Sumber Belajar Pada Siswa Kelas X SMA NU Kalibaru.
Kata Kunci : Booklet digital, Eksplorasi di rumah serangga Kalibaru, Serangga.
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Guru pada zaman sekarang harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa 75% dari 20 siswa merasa kesulitan mempelajari materi serangga (insekta) jika hanya menggunakan buku paket atau LKS. Dalam proses pembelajaran pastinya ada permasalahan yang dihadapi menurut hasil wawancara guru biologi SMA NU Kalibaru. Maka dari itu diperlukannya bahan ajar yang menarik sebagai sumber belajar berupa booklet digital.
Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Mendeskripsikan kevalidan booklet digital submateri serangga (insekta) di rumah serangga Kalibaru sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA NU Kalibaru. 2) Mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap booklet digital submateri serangga (insekta) di rumah serangga Kalibaru sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA NU Kalibaru. 3) Mendeskripsikan keefektifan booklet digital submateri serangga (insekta) di rumah serangga Kalibaru sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA NU Kalibaru.
Jenis penelitian ini mengunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Reseach and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu : Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi. Penelitian ini menggunakan siswa kelas X di SMA NU Kalibaru. Jenis data yang digunakan merupakan data kualitatif dan data kuantitatif. Sedangkan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi, angket respon dan test (pre-test dan pos-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Booklet digital submateri serangga termasuk kategori sangat valid dengan perolehan nilai rata-rata hasil validasi materi 95%, validasi media 89%, validasi bahasa 88%, validasi evaluasi 77,5%, dan yang terakhir validasi guru memperoleh skor 95%. 2) Hasil uji coba skala kecil mendapat nilai rata-rata 91% dan untuk uji coba skala besar mendapat nilai rata-rata 95,75%. 3) Hasil uji t-test didapat nilai signifikansi 0,000<0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara hasil pritest dan postest. Dapat disimpulkan bahwasanya booklet digital submateri serangga (insekta) efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Afifatul Fajriah
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:10
Last Modified: 03 Dec 2024 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37367

Actions (login required)

View Item View Item