Anggrainy, Laylatul Vayzah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Darussalam Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN.KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 054 Tadris BIO 2024)
Laylatul Vayzah Anggrainy_205101080021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Laylatul Vayzah Anggrainy, 2024 : Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Darussalam Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Berpikir kreatif adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menemukan dan menciptakan sesuatu hal yang baru, cara-cara baru, model baru yang berguna bagi siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu berpikir kreatif sangat dibutuhkan untuk memcahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan bagi siswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai ide yang luas. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya adalah model project based learning. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk membuat proyek yang berhubungan dengan mata pelajaran. Proyek dalam model project based learning dibangun berdasarkan ide-ide siswa sebagai bentuk alternatif pemecahan masalah tertentu, sehingga siswa mengalami proses belajar pemecahan masalah itu secara langsung.
Tujuan penelitian ini untuk: 1). Mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Darussalam Banyuwangi. 2). Mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Darussalam Banyuwangi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Darussalam Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan X-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian berpikir kreatif dan tes. Observasi untuk melihat bagaimana cara guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Diperoleh dari lembar observasi yang telah disediakan untuk diisi oleh observer pada setiap pertemuan. Penilaian berpikir kreatif untuk mengukur hasil kemampuan berpikir kreatif siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar kemampuan kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan setelah diajarkannya model pembelajaran PjBL dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian adanya pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Darussalam Tahun Pelajaran 2023/2024. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diajarkannya model pembelajaran PjBL dengan nilai signifikan 0,016 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian adanya pengaruh pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Darussalam Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060306 Evolutionary Impacts of Climate Change 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mrs Laylatul Vayzah Anggrainy |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 03:21 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 03:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37376 |
Actions (login required)
View Item |