Siti Mariyam, 2020. “Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode ProgramPelatihanTerjemah Al-Quran Safinda di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember Tahun 2020”.

Siti Mariyam, - (2020) Siti Mariyam, 2020. “Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode ProgramPelatihanTerjemah Al-Quran Safinda di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember Tahun 2020”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Siti Mariyam_T20161052.pdf

Download (7MB)

Abstract

Siti Mariyam, 2020. “Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode ProgramPelatihanTerjemah Al-Quran Safinda di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember Tahun 2020”. Mempelajari Al-Quran merupakan kewajiban bagi setiap muslim di seluruh dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Salah satu hal inti dalam nilai-nilai ajaran islam yakni bagaimana pemeluk agama islam dapat mengamalkan apa yang terdapat dalam sumber ajarannya yaitu Al-Quran dan Hadits. Pembelajaran AlQuran Hadits adalah salah satu bagian dari rumpun Pendidikan Agama Islam yang ada mulai dari jenjang madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah sampai jenjang Aliyah. Metode PPTQ Safinda merupakan metode mempelajari terjemah Al-Quran sekaligus tata bahasanya langsung dari bahasa arabnya dengan cara sederhana mudah dan praktis. Fokus yang diambil dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pemilihanmateri pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan metode PPTQ Safinda di kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember?, (2) Bagaimana metode pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan metode PPTQ Safinda di kelas XI? (3) Bagaimana media pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan metode PPTQ Safinda di kelas XI? (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan metode PPTQ Safinda di kelas XI? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif jenis penelitian lapangan (field research) jenis etnografi. Teknik penentuan subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaki observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: kondensasi data (data condentation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pemilihan Materi Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode PPTQ Safinda di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikam Jenggawah Jember Tahun 2020 yaitu dari berbagai tema pembelajaran AlQuran hadits yang dibahas hanya tema berkompetisi dalam kebaikan dengan dalil Q.S Al-Baqarah ayat 148. 2) Metode Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode PPTQ Safinda yaitu menggunakan metode drill, metode bercerita, dan tanya jawab. 3) Media Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode PPTQ Safinda di Kelas XI yaitu menggunakan spidol, papan tulis, Al-Quran, kamus lafdzul Quran, dan buku panduan materi per juz. 4) Evaluasi Pembelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Metode PPTQ Safinda di Kelas XI yaitu menggunakan penilaian harian dengan cara muraja‟ah, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:13
Last Modified: 18 Mar 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item