Implementasi Program Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Ranah Pendidikan Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang, Jember

Samsul, Arifin (2020) Implementasi Program Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Ranah Pendidikan Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang, Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Samsul Arifin_T20161058.pdf

Download (9MB)

Abstract

Samsul Arifin, 2020. “Implementasi Program Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Ranah Pendidikan Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang, Jember” Seiring perkembangan zaman, membuat seseorang harus memiliki kesiapan dan bekal kemampuan untuk menghadapinya, termasuk bagi para santri. tentunya sangatlah penting bagi sebuah lembaga Pendidikan untuk memberikan suatu bekal bagi peserta didiknya, Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir merupakan lembaga pondok pesantren yang memberikan bimbingan ataupun pembinaan karakter bagi para santrinya, yang mana setiap individu sudah memiliki karakter masing-masing yang perlu dibimbing dan diarahkan kesuatu hal yang baik agar menjadi seseorang yang berkarakter dan mandiri. Sehingga selain menciptakan lulusan yang paham dan fasih akan ilmu Al-Qur’an (Hafidz AlQur’an), namun juga memiliki bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan. Adapun fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk dan pelaksanaan program pendidikan karakter dalam meningkatkan aspek pendidikan santri di pondok pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir, Patrang, Jember? 2) Apa sajakah factor pendukung dan penghambat dalam penerapan program pendidikan karakter dalam meningkatkan ranah pendidikan santri di pondok pesantren AlQur’an Ibnu Katsir, Patrang, Jember? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan (Field Research). Subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Dan Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif miles Hubermen dan Saldana yang meliputi kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verivication). Dan terakhir ialah keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Bentuk pelaksanaan program pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir meliputi 6 (enam) macam kegiatan, diantaranya: (a) FDG (Forum Discussion Group), (b) Mabit, (c) Taskif, (d) Riyadloh, (e) Kemah dan yang terakhir, (f) Rihlah. 2) Faktor yang mendukung dalam penerapan program tersebut ialah ustadz dan sarana prasarana yang sesuai serta dukungan dari wali santri. Adapun factor yang menghambat dalam pelaksanaan program pembinaan karakter ialah factor alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:13
Last Modified: 18 Mar 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item