Bari, Fathol (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN DI BMT UGT NUSANTARA CABANG PROBOLINGGO KOTA. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 146 PS 2024)
skripsi FATHOL Bari water new.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fathol Bari, Nur Alifah Fajariah, 2024 :
Strategi Pemasaran Produk Simpanan di BMT UGT Nusantara Cabang Probolinggo Kota
Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Simpanan Qurban
Strategi produk simpaan qurban adalah jenis simpanan yang menggunakan prinsip investasi (bagi hasil) dan secara khusus diperuntukkan Ibadah Qurban. Dengan adanya produk ini dapat membantu memberikan kemudahan kepada nasabah untuk menyisihkan uangnya secara pelan-pelan namun tetap aman dan terencana serta bagi masyarakat menengah kebawah untuk bisa mempersiapkan perencanaan ibadah qurban dari jauh hari.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Implemetasi Strategi yang dilakukan oleh pihak BMT UGT Nusantara Cabang Probolinggo kota dalam rangka memasarkan Produk Simpanan Qurban? 2) Bagaimana kendala dan pendukung Produk Simpanan Qurban di BMT UGT Nusantara Cabang Probolinggo kota?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi strategi pemasaran yang digunakan BMT UGT Nusantara Cabang Probolinggo Kota dalam memasarkan produk simpanan qurban dengan merumuskan pasar yang dituju yaitu menggunakan strategi segmentation, targeting, dan positioning. Selain itu, juga mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari empat unsur yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, yang mana bertujuan untuk menari dan mempertahankan loyalitas para nasabah.2) Untuk mengetahui kendala dan pendukung Produk Simpanan Qurban di BMT UGT Nusantara Cabang Probolinggo kota.
Pada penelitian ini penulis menggunakan data primer dengan tekni pengumpulan data melalui observasi langsung ke BMT UGT Nusantara Cabang Probolinggo Kota dan melakuan wawancara secara sistematis untuk mendapatkan data dan informasi, serta menggunakan data skunder penulis ambil dari studi kepustakaan yaitu menelaah buku-buku literature yang berhubungan dengan penelitian yang dibahas.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa produk simpanan qurban bukanlah produk unggulan pada BMT Ugt Nusantara cabang Probolinggo Kota karena dilihat dari sedikitnya nasabah yang menggunakan tabungan qurban. Strategi yang digunakan pada pemasaran produk simpanan qurban yaitu dengan cara sosialisasi menyalurkan ke pengurus masjid, pengajian rutin, produk simpanan qurban tersebut kepada masyarakat, kemudian mempromosikan produk simpanan qurbannya melalui brousur, dengan mengggunakan 4p product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi) hal tersebut akan berpengaruh baik bagi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | fathol bari |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:54 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37410 |
Actions (login required)
View Item |