Romadon, Fatur (2024) STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN K.H. ACHMAD SIDDIQ.
Text (SK 193 ES 2024)
FATUR ROMADON_E20192073-2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi Pemasaran Pariwisata, Kunjungan Wisatawan
Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah di Negara Indonesia yang paling
banyak memiliki destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Kabupaten
Banyuwangi sangat mengedepankan sektor pariwisata nya sehingga terlihat jelas pada saat ini
pariwisata Kabupaten Banyuwangi mengalami kemajuan yang sangat pesat.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran
yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan bauran
pemasaran 8P.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang
digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan bauran
pemasaran 8P.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis dan
mengidentifikasi strategi pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Peneliti menggunakan indikator bauran pemasaran 8P untuk mengidentifikasi dan
menganalisis strategi pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yang
diterapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi pemasaran pariwisata yang digunakan oleh
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi saat ini menggunakan strategi
dalam pemasaran bauran pemasaran 8P. Product dalam pemasaran di Kabupaten
Banyuwangi adalah sumber daya alam, wisata buatan, budaya, dan kuliner. Price adalah
dengan mementukan harga berdasarkan aspek rasio pajak daerah. Place atau tempat dalam
hal ini lebih lengkapnya bisa diakses di Www.banyuwangitourism.com. Promotion yang
dilakukan adalah menggunakan digital marketing. Packaging adalah membuat event
Banyuwangi Festival. Programing yang dilakukan adalah dengan membuat program
familiarism trip. Partnership dengan media partner. People yang dimaksud disini adalah
pihak dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Adapun faktor-faktor
internal dan eksternal yang dapat mendukung jalan nya dari strategi pemsaran yang
diterapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi adalah dari a)
Faktor internal yang terdiri dari seumber daya alam, budaya, dan kuliner, b) Faktor eksternal
yang terdiri dari sinergitas antar Dinas dalam menyelenggarakan event, dan kreator atau
seniman. Selain itu terdapat faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat menghambat dari
jalan nya strategi pemasaran yang digunakan oleh Dinasi Kebudayaan dan Pariwisata
Kabupaten Bnayuwangi adalah a) Faktor internal anggaran yang pengawasan alokasi dana
harus tepat, b) Faktor eksternal adalah agresifitas pelaku pariwisata yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Fatur Romadon |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:19 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37411 |
Actions (login required)
View Item |