Kurniawati, Sarmila Dwi (2024) Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 228 PAI 2024)
NEW SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kegiatan keagamaan merupakan sifat yang terdapat dalam agama, segala sesuatu mengenai agama. Kegiatan keagamaan adalah usaha yang dilakukan seseorang atau perkelompok yang dilaksanakan secara terus menerus maupun yang ada hubungannya dengan nilai-nilai keagamaan. Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman, penghayatan, ketakwaan, dan Akhlakul karimah.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan Salat Dhuha dalam pembinaan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi? 2) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan membaca Asmaul Husna dalam pembinaan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi? 3) Bagimana implementasi kegiatan keagamaan membaca Al-Qur'an dalam pembinaan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan Salat Dhuha dalam pembinaan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan membaca Asmaul Husna dalam pembinaan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi, 3) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan membaca Al-Qur'an dalam pembinaan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Srono Banyuwangi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, antar peneliti, sumber data dan teori.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) implementasi kegiatan keagamaan Salat Dhuha bertujuan untuk menertibkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Karakter religius yang terbentuk dalam kegiatan Salat Dhuha adalah disiplin, tanggung jawab dan toleransi. Hambatan pada pelaksanaan Salat Dhuha yaitu fasilitas tempat Salat Dhuha, 2) Implementasi kegiatan keagamaan membaca Asmaul Husna bertujuan untuk menertibkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan tujuan lain agar peserta didik menghafal Asmaul Husna. Karakter religius yang terbentuk dari membaca Asmaul Husna diantaranya disiplin, tanggung jawab, toleransi. Hambatan pada pelaksanaan membaca Asmaul Husna yaitu fasilitas tempat membaca Asmaul Husna, 3) Pelaksanaan kegiatan keagamaan membaca Al-Qur'an bertujuan untuk menertibkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan membentengi agar peserta didik siap dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan lain dalam kegiatan ini agar peserta didik terbiasa membaca Al-Qur'an dan minimal setelah peserta didik lulus dari Madrasah bisa menghafal juz 30 atau juz Amma. Karakter religius yang terbentuk melalui kegiatan keagamaan membaca Al-Qur'an yaitu disiplin, tanggung jawab, dan toleransi. Hambatan pada kegiatan membaca Al-Qur'an yaitu ketika guru yang mengampu mata pelajaran jam pertama datang terlambat sehingga keadaan kelas kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms Sarmila Dwi Kurniawati |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:29 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37414 |
Actions (login required)
View Item |