DIAH PUTRI, DEWI (2021) Implementasi Guru Sebagai Pendidik Sukses (Studi Pemikiran Prof. Dr. Fadhl Ilahi Dalam Buku Meneladani Rasullullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam Dalam Mencetak Generasi Sukses Dunia & Akhirat). Undergraduate thesis, akultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Diah Putri Dewi_T20171082.pdf Download (3MB) |
Abstract
Diah Putri Dewi, 2021: Implementasi Guru Sebagai Pendidik Sukses (Studi Pemikiran Prof. Dr. Fadhl Ilahi Dalam Buku Meneladani Rasullullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam Dalam Mencetak Generasi Sukses Dunia & Akhirat). Kata kunci: Implementasi Guru, Pendidik Sukses, Meneladani Rasulullah Nabi Muhammad Saw merupakan teladan yang baik bagi umat Muslim di sepanjang sejarah, dan bagi umat manusia di setiap saat dan tempat, sebagai pelita yang menerangi bagai purnama yang memberikan petunjuk. Allah juga meletakkan dalam personalitas Rasulullah gambaran sempurna untuk metode Islami, agar menjadi gambaran yang hidup dan abadi bagi generasi-generasi umat selanjutnya dalam kesempurnaan akhlak dan universalitas keagungannya. Konteks penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Konsep Guru Menurut Fadhl Ilahi? (2) Bagaimana Guru Sebagai Pengajar Menurut Fadhl Ilahi dalam Buku Meneladani Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Dalam Mencetak Generasi Sukses Dunia Akhirat? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Konsep Guru Menurut Fadhl Ilahi. (2) Guru Sebagai Pengajar Menurut Fadhl Ilahi dalam Buku Meneladani Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Dalam Mencetak Generasi Sukses Dunia Akhirat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui penelitian kepustakaan (library reseach). Datanya didapat dari beberapa buku- buku, artikel, jurnal, internet, dan lain-lain. Pengumpulan data dilakukan dengan langkah yang dikenal sebagai dokumentasi. Sesuai dengan jenis dan sifat yang diperoleh, maka analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dapat disimpulkan Rasulullah saw sebagai pendidik telah memadukan berbagai macam unsur penting dalam mengajar, diantaranya beliau saw pandai dalam memilih waktu, tempat, materi, strategi dan metode, serta pandai dalam memposisikan dirinya dalam mengajar. Sebuah konsep pembelajaran yang ideal hanya dapat ditemukan dalam diri Rasulullah Saw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:13 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3742 |
Actions (login required)
View Item |