STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK BRI UNIT WIROLEGI JEMBER

Kusuma, Amelia Dita Eka (2024) STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK BRI UNIT WIROLEGI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK 166 PS 2024)
Amelia Dita Eka Kusuma_204105010022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Strategi Marketing, 7p Strategi Marketing, Meningkatkan Loyalitas,
Loyalitas Nasabah
Pada zaman ini lembaga keuangan bank maupun non bank mengalami
pertumbuhan yang sangat pesat. Produk-produk yang ditawarkan juga ikut
berkembang, dimana saat ini Bank BRI harus mengikuti perkembangan yang ada.
Persaingan yang kompetitif mengharuskan perusahaan bersaing untuk
mendapatkan nasabah sebanyak mungkin, dalam melakukan pemasaran
ditentukan strategi pemasaran yang tepat untuk merebut hati nasabah.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi marketing
yang dilakukan Bank BRI Unit Wirolegi dalam meningkatkan loyalitas nasabah?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan
tentang strategi marketing yang dilakukan Bank BRI Unit Wirolegi dalam
meningkatkan loyalitas nasabah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian di Bank BRI Unit Wirolegi Jember. Subjek penelitian
menggunakan teknik wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi Marketing Bank BRI Unit Wirolegi
Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah yaitu menggunakan Strategi Marketing 7
P yang meliputi Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi
(Promotion), Orang (People), Proses (Process), Bentuk Fisik (Physical Evidence).
Tujuh komponen ini sangat berpengaruh terhadap meningkatkan loyalitas
nasabah. Kepuasan konsumen, pengalaman pelanggan yang positif, kepercayaan
dan komitmen, relefansi produk dan layanan, komunikasi yang efektif dan
pelayanan pelanggan yang luar biasa berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa strategi 7p yang dilakukan pihak BRI tidak
sepenuhnya berjalan optimal sesuai ekspetasi nasabah dalam pelayanan yang
kurang cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms. Amelia Dita Eka Kusuma
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:52
Last Modified: 20 Dec 2024 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37423

Actions (login required)

View Item View Item