Hubungan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Kencong Tahun Pelajaran 2024/2025

Utami, Tasya Alifta Cahyaning (2024) Hubungan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Kencong Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 057 Tadris BIO 2024)
Tasya Alifta Cahyaning Utami_214101080012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata kunci: Hubungan, pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, gender
Lingkungan merupakan kesatuan tidak terpisah dari makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Kehidupan manusia sangat tergantung pada lingkungan hidup di mana mereka tinggal. Namun, terkadang manusia masih kurang peduli terhadap lingkungan, dibuktikan dengan banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi selain karena faktor alami juga ulah manusia yang kurang bertanggung jawab seperti di lingkungan sekolah. Perlu adanya langkah strategis dan berkesinambungan dalam pendidikan dengan memperdalam pengetahuan siswa terhadap lingkungan. Pengetahuan yang memadai tentang lingkungan seringkali membentuk sikap seseorang.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan pengetahuan lingkungan siswa laki-laki dan perempuan, 2) mendeskripsikan sikap peduli lingkungan siswa laki-laki dan perempuan, 3) mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa laki-laki dan perempuan.
Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 52 siswa dan siswa perempuan sebanyak 91 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan jenis sampel jenuh berdasarkan jenis kelamin dengan XI.2 sebagai kelas uji coba sedangkan kelas XI.1, XI. 7, XI.8, dan XI.9 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan lingkungan dan angket sikap peduli lingkungan. Analisis uji hipotesis korelasi antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan menggunakan Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil rata-rata tes pengetahuan lingkungan siswa laki-laki sebesar 70 dengan kategori tinggi sedangkan pada siswa perempuan sebesar 78 dengan kategori tinggi, 2) hasil skor rata-rata angket sikap peduli lingkungan siswa laki-laki sebesar 97 dengan kategori tinggi sedangkan siswa perempuan sebesar 99 dengan kategori tinggi, 3) pada siswa laki-laki didapati hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,014, karena nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa ada hubungan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan dengan keeratan hubungan sebesar 0,0338 artinya dapat disimpulkan tingkat keeratan hubungan antara variabel pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa laki-laki adalah lemah dan terdapat hubungan positif. Sedangkan pada siswa perempuan, didapati hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,127 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan, untuk nilai koefisiensi sebesar 0,161 artinya dapat disimpulkan tingkat keeratan hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa perempuan adalah sangat lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs. Tasya Alifta Cahyaning Utami
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:31
Last Modified: 05 Dec 2024 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37425

Actions (login required)

View Item View Item