Problematika Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran Tematik Di MIN 03 Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020 (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lombok Kulon Kecamatan Wonosar Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020)

MUHAMMAD WILDAN, SHOLEH (2020) Problematika Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran Tematik Di MIN 03 Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020 (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lombok Kulon Kecamatan Wonosar Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
MUHAMMAD WILDAN SHOLEH_T20154091.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Wildan Sholeh. 2020. Problematika Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran Tematik Di MIN 03 Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020 (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lombok Kulon Kecamatan Wonosar Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020). Pembelajaran tematik di MIN 03 Bondowoso, sudah berjalan dari tahun 2014 sampai sekarang, namun demikian masih ada beberapa masalah yang dialami oleh guru dalam hal menyusun perangkat pembelajaran kurikulum 2013 untuk pembelajaran tematik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1. Bagaimana guru dalam menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran Tematik? 2. Bagaimana problem yang di hadapi guru dalam menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran Tematik? 3. Bagaimana solusi kepala Madrasah dalam menyelesaikan problem menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran Tematik.? Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan penyusuna perangkat pembelajaran K13 untuk pembelajaran tematik di MIN 03 Bondowoso 2) untuk Mendeskripsikan problem yang dihadapi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran K13 untuk pembelajaran tematik di MIN 03 Bondowoso 3) untuk mendeskripsikan solusi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran K13 untuk pembelajaran tematik di MIN 03 Bondowoso Untuk menjawab fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi Reduksi data (Reducation), Penyajian data (Display), Verikasion/couclusion Drawing. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trigulasi, diskusi dengan teman, analisis kasus negative, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyusunan perangkat pembelajaran K13 untuk pembelajaran tematik di Min 03 Bondowoso. memudahkan guru dalam menyusunnya dan guru menyusun perangkat pembelajaran dengan cara, mengambil buku pedoman guru, menyiapkan RPP kemudian mengambil komponen RPP dalam buku pedoman guru. Sesuaikan dengan media, metode dan penilaian pembelajaran. 2) Problem guru dalam menyusun perangkat pembelajaran K13 untuk pembelajaran tematik. a) Guru kesulitan dalam menjabarkan KD pada indikator. b) copy paste RPP c) kurangnya kompetensi pedagogic guru. d) sarana kurang mamadai. 3) solusi Madrasah untuk menghadapi problematika guru dalam menyusun perangkat pembelajaran tematik. a) menempuh jalur pendidikan sesuai dengan bidangnya. b) meningkatkan kompetensi pedagogic guru. c) mengadakan pelatihan. d) mengadakan pertemuan rutin forum KKG. e) pengadaan sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:13
Last Modified: 18 Mar 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item View Item