Muttaqin, Ahmad Izza (2024) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP BUSTANUL MAKMUR DAN SMP NEGERI 3 GENTENG BANYUWANGI. Doctoral thesis, UIN KHAS Jember.
Text
DISERTASI AHMAD IZZA MUTTAQIN CETAK WISUDA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (38MB) |
Abstract
Moderasi beragama merupakan kunci terciptanya kerukunan hidup antar umat beragama. Sebagai institusi yang berperan membentuk karakter bangsa. Sekolah berperan sebagai tempat di mana peserta didik bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan etnis. Pendidikan yang tepat dapat mengajarkan anak-anak untuk menjadi pribadi yang toleran, inklusif dan bermartabat.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis implementasi komitmen kebangsaan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 2) menganalisis implementasi toleransi dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 3) menganalisis implementasi anti kekerasan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 4) Untuk menganalisis implementasi akomodatif terhadap budaya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Bustanul Makmur dan SMP Negeri 3 Genteng.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai partisipan dan juga pengamat penuh. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, kongklusi dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) implementasi komitmen kebangsaan dalam kegiatan kokurikuler P5 di SMP Bustanul dan SMP Negeri 3 Genteng dilaksanakan dalam program educamp, BUMA election Student Council dan Suara demokrasi. 2) Impelementasi toleransi dilaksanakan dalam program educamp, dan P5 tema hidup berkelanjutan. 3) Implementasi anti kekerasan dilaksanakan dalam P5 dengan tema bangun jiwa dan raganya. 4) Implementasi akomodatif terhadap budaya lokal diterapkan dalam P5 program educamp dan P5 dengan mengusung tema hidup berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Izza Muttaqin |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37432 |
Actions (login required)
View Item |