Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Rif’atul, Imamiyah (2020) Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Rif’atul Imamiyah_T20154076.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rif’atul Imamiyah. 2019. Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember adalah lembaga pendidikan yang menerapkan program tahfidzul Qur’an, namun dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember khususnya pembelajaran tahfidz masih ada peserta didik yang belum mencapi target hafalan surat yang sudah ditentukan, dan didapatkan kendala-kendala yang dapat menghambat berlangsungnya pembelajaran tahfidzul Qur’an, baik kendala yang datangnya dari peserta didik, guru ataupun faktor-faktor lain yang berkaitan dengan pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Apa saja problematika pembelajaran Tahfidzul Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana solusi terhadap problematika pembelajaran Tahfidzul Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Tahfidzul Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mendeskripsikan solusi terhadap problematika pembelajaran Tahfidzul Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: (1) Problematika pembelajaran tahfidzul Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember yaitu : (a) Faktor waktu; (b) Kurang melakukan muroja’ah; (c) Kurang menggunakan media dan sumber belajar; (d) Faktor Peserta didik, yaitu: Belum mengetahui cara belajar yang baik dan benar, Tidak bisa mengatur waktu, Ayat-ayat yang sudah dihafalkan lupa lagi, Kurang lancar dalam membaca al-Qur’an, Sifat malas, Kurang motivasi dari guru, (e) Faktor tenaga pendidik. (2) Solusi yang dilakukan adalah: (a) Menambah jam pelajaran; (b) tidak hanya melakukan muroja’ah pada jam pelajaran saja; (c) pengadaan media, sumber belajar (d) Faktor peserta didik, yaitu Konsentrasi dan dalam menghafal membagi surat yang panjang menjadi bagian yang kecil seperti dua ayat, Orang tua mengatur kondisi serta memberi teladan pada anak dan guru membuat agenda pengawasan harian atau mingguan, sering-sering mengajak muroja’ah, Guru membimbing bacaan peserta didik sebelum menghafal dengan memperhatikan tajwid dan makhrojnya, menumbuhkan cinta anak terhadap alQur’an dengan memberikan tauladan yang baik, Peserta didik bergabung dengan para penghafal al-Qur’an supaya saling membantu dan memberi motivasi; (e) Menambah tenaga pengajar baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:14
Last Modified: 18 Mar 2022 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item