Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Addiniatul Islamiah School, Bare Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand.

Sari, Sindi Fatika (2024) Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Addiniatul Islamiah School, Bare Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand. Undergraduate thesis, uin khas jember.

[img] Text (SK 231 PAI 2024)
SKRIPSI FUL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sindi Fatika Sari, 2024: Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Addiniatul Islamiah School, Bare Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand.
Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam, Karakter
Penelitian ini mengeksplorasi perkembangan agama Islam di Thailand, terutama di provinsi selatan seperti Yala, Pattani, Songkhla, dan Narathiwat, di mana komunitas Muslim cenderung berada.
แม้ว่าชาวมุสลิมจะเป็นชนกลุ่มน้อยในประเทศไทยแต่พวกเขาก็มีเสรีภาพในการนมัสการแม้ว่าจะได้รับการสนับสนุนจากรัฐบาลในการก่อสร้างมัสยิดก็ตามการศึกษาอิสลามมีบทบาทสําคัญในการแพร่กระจายนี้โดยเริ่มตั้งแต่การอ่านอัลกุรอานไปจนถึงการเกิดขึ้นของโรงเรียนประจําอิสลามในฐานะสถาบันการศึกษาอย่างเป็นทางการที่รักษาค่านิยมทางศาสนาและบทบาทของครูมีบทบาทหลักสี่ประการในการจัดการกับปัญหาพฤติกรรมที่ไม่เหมาะสมจากนักเรียน ได้แก่ ในฐานะนักการศึกษา ผู้นําทางจิตวิญญาณ แบบอย่าง ผู้จัดงาน
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT di Addiniatul Islamiah School, Bara Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand Tahun Pelajaran 2024/2025?. 2) Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada manusia di Addiniatul Islamiah School, Bara Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand Tahun Pelajaran 2024/2025?. 3) Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan di Addiniatul Islamiah School, Bara Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand Tahun Pelajaran 2024/2025?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Addiniatul Islamiah School, Bara Nuea, Bacho District, Narathiwat, Thailand. Subyek penelitian terdiri dari berbagai informan, termasuk direktur sekolah, guru Akidah Akhlak, serta siswa . Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT adalah: a) Guru sebagai pendidik dengan memberikan materi Tawakkal melalui metode kisah inspiratif, dan b) Guru sebagai pembimbing spiritual yang dilakukan melalui metode pembiasaan maying คําอธิษฐานดูฮา (sholat Dhuha) dan นกาจิ ngaji gapo (pembacaan Al-Qur’an). 2) Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada manusia adalah: a) Guru sebagai teladan, yaitu melalui metode keteladanan dan pembiasaan budaya 5S (รอยยิ้ม, ทักทาย, ทักทาย, มารยาท, มารยาท), (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), dan b) Guru sebagai pembimbing sosial, กล่าวคือ การสอนที่เกี่ยวข้องกับแนวคิดเรื่องความเห็นอกเห็นใจ ด้วยวิธีการแบบอย่าง (yaitu memberikan pengajaran terkait konsep welas asih melalui metode keteladanan). 3). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pendidikan akhlak terhadap lingkungan yaitu, กล่าวคือครูเป็นผู้จัดงาน ซึ่งเห็นได้จากการดําเนินโครงการ Clean Friday routine, (yaitu guru sebagai penyelenggara yang dibuktikan dengan terselenggaranya program rutinan Clean Friday).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SINDI Fatika Sari
Date Deposited: 06 Dec 2024 08:44
Last Modified: 17 Dec 2024 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37471

Actions (login required)

View Item View Item