Penanaman Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun Ajaran 2019/2020

Roidatul Kholiliyah, - (2020) Penanaman Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.

[img] Text
Roidatul Kholiliyah_T20165010.pdf

Download (13MB)

Abstract

Roidatul Kholiliyah, 2020: Penanaman Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Penanaman Nilai Agama dan Moral, metode bercerita Nilai Agama merupakan nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok, yaitu aqidah, ibadah, dan akhlaq yang menjadi pedoman berperilaku sesuai dengan aturan aturan ilahi. Sedangkan nilai moral pada dasarnya adalah seperangkat keyakinan dalam suatu masyarakat berkenaan dengan karakter atau kelakuan dan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Cara guru menanamkan nilai agama dan moral salah satunya menggunakan metode bercerita, Metode Bercerita merupakan teknik pembelajaran yang menarik bagi anak usia dini untuk menyampaikan pesan moral agama atau intelektual tertentu secara lisan kepada anak, di usia 5-6 tahun adalah tahapan kedua pada Raudlatul Athfal dimana pada tahap ini anak sudah mulai terstimulus seluruh aspek perkembangannya, di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningari Kidul Jenggawah Jember masih tergolong rendah, sehingga guru mengalami kesulitan dalam menerapkan metode yang tepat untuk menanamkan nilai agama dan moral pada anak, hal ini dipersulit dengan terbatasnya media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Maka dari itu guru berinisiatif untuk menanamkannya melalui metode bercerita menggunakan media buku cerita gambar berseri, disitulah anak tidak hanya mendengarkan cerita tapi juga melihat gambar seri yang menarik, karena dalam memilih metode yang tepat maka dapat menjadi penunjang keberhasilan pendidik, penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan penanaman nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah jember tahun ajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penanaman nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah jember tahun ajaran 2019/2020. 3) Mendeskripsikan evaluasi penanaman nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Tarbiyatul Huda Kemuningsari Kidul Jenggawah jember tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) Perencanaan penanaman nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul athfal Tarbiyatul Huda dengan mengadakan Rapat kerja (RAKER) yang sudah diprogramkan diawal sebelumpembelajaran berlangsung untuk membahas PROTA, PROSEM, RPPM, RPPH dan tema, model, media apa yang tepat untuk dilakukan dalam pembelajaran. 2) Pelaksanaan penanaman nilai agama dan moral melalui metode bercerita kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal Tarbiatul Huda terdiri dari kegiatan awal, kegiatan tambahan, dan kegiatan pengembangan. 3) Evaluasi penanaman nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada kelompok usia 5-6 tahun di Raudlatul athfal Tarbiyatul Huda menggunakan skala pencapaian perkembangan mingguan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:14
Last Modified: 18 Mar 2022 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item