Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Produk Sale Pisang pada Perusahaan UD Pandan Arum Kabupaten Banyuwangi

Maulana, Alfan Rizky (2024) Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Produk Sale Pisang pada Perusahaan UD Pandan Arum Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 207 ES 2024)
Alfan Rizky Maulana_201105020019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Marketing Mix, Pelanggan.

Persaingan bisnis di era global yang canggih ini memaksa para pelaku usaha untuk tetap eksis sehingga produk tetap diminati oleh pelanggan. Tidak hanya berlalu pada perusahaan besar saja. Namun, Umkm turut serta dalam persaingan tersebut. Persaingan bisnis saat ini tidak hanya bertumpu pada kualitas produk, melainkan pada kualitas pelayanan yang mendorong pelanggan untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Kualitas pelayanan menjadi sesuatu yang penting dalam menghadapi pelanggan yang membutuhkan level of excellent yang tinggi misalnya pelanggan-pelanggan di kelas premium. Oleh karena itu dibutuhkan strategi Marketing yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan dalam sebuah perusahaan. fenomena yang menarik di perusahaan UD Pandan Arum yaitu sistem Marketing yang diterapkan perusahaan. Dimana perusahaan ini bisa mencapai target yang ada pada kota Banyuwangi sendiri tetapi uniknya produk sale pisang UD Pandan Arum lebih banyak penjualanya di kota Jember.

Berdasarkan Latar Belakang Penelitian di atas maka di peroleh fokus penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana Strategi Marketing mix yang diterapkan untuk meningkatkan pelanggan pada UD Pandan Arum di Kota Banyuwangi?, 2. Bagaimana kendala dan solusi Strategi Marketing mix yang diterapkan oleh UD Pandan Arum untuk meningkatkan pelanggan?.
Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui strategi Marketing mix yang dilakukan oleh perusahaan UD Pandan Arum untuk bisa bersaingin dengan perusahaan-perusahaan lain yang produknya berada di toko-toko makanan khas di Kota Banyuwangi. 2. Untuk mengetahui kendala dan solusi Strategi Marketing mix yang dilakukan oleh UD Pandan Arum untuk bisa bersaing dengan produk-produk lain yang ada di outlet makanan khas di Kota Banyuwangi.
Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study lapangan. Penelitian ini menggunakan metode purposive untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah 1. Strategi Marketing mix yang diterapkan untuk meningkatkan pelanggan pada UD Pandan Arum di Kota Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian UD Pandan Arum telah menggunakan dan menerapkan strategi Marketing mix dengan bauran 7P yakni produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, serta bukti fisik yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan pada produk sale pisang. Strategi tersebut suda diterapkan dengn sangat baik. 2. kendala dan solusi Strategi Marketing mix yang diterapkan oleh UD Pandan Arum untuk meningkatkan pelanggan. Kendala dalam penerapan strategi Marketing mix yaitu keterbatasan dalam bahan baku pisang, ketidak stabilan harga bahan baku, banyak pelanggan yang tidak mengetahui perpindahan toko, kurangnya promosi di sosial media, karyawan yang kurang teliti, proses pembuatan dan pelayanan yang kurang, display barang yang jarang ada. Sedangkan solusi dari kendala yaitu mencari pemilik lahan pisang yang lain, menaikkan harga produk dengan bertahap, membuat papan nama perushaan, mengembangkan promosi via online, kontroling saat proses pembuatan, meningkatkan kualitas karyawan, memperbanyak display yang ada di toko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Men Alfan Rizky Maulana
Date Deposited: 09 Dec 2024 04:27
Last Modified: 18 Dec 2024 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37480

Actions (login required)

View Item View Item