Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Tentang Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Genteng Banyuwangi

Yunita Nurma, Sari (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Tentang Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Yunita Nurma Sari_T20174098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yunita Nurma Sari, 2021: Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Tentang Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Genteng Banyuwangi. Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, siklus air. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong guru untuk berinovasi dan berkreasi dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui penyediaan media pembelajaran. Terutama dalam masa pandemi covid-19 dimana media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai perantara guru dalam menyampaikan materi. Guru SD Muhammadiyah menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik materi IPA tentang siklus air kelas V. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran tematik materi IPA tentang siklus air kelas V di SD Muhammadiyah 6 Genteng, 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran tematik materi IPA tentang siklus air kelas V di SD Muhammadiyah 6 Genteng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan, kelebihan, dan kekurangan media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran tematik materi IPA tentang siklus air kelas V di SD Muhammadiyah 6 Genteng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan purpose. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengukur keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran tematik materi IPA tentang siklus air meliputi: a) perencanaan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi IPA tentang siklus air diantaranya menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, mempertimbangkan karakteristik peserta didik, pemilihan materi IPA tentang siklus air, dan mempersiapkan media pembelajaran multimedia interaktif b) pelaksanaan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi IPA tentang siklus air yaitu menyiapkan alat pendukung, penggunaan metode yang bervariasi, memadukan multimedia interaktif dengan media lain, pola pemanfaatan multimedia interaktif; 2) kelebihan dan kekurangan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi IPA tentang siklus air diantaranya a) dapat meningkatkan rasa tertarik dan minat peserta didik, memudahkan guru menyampaikan materi, peserta didik mudah memahami materi, peserta didik cukup aktif dan dapat belajar secara mandiri, b) kekurangannya yaitu keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, kurangnya keahlian guru dalam mengoperasikan LCD proyektor, dan tidak dapat sepenuhnya menggantikan pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:14
Last Modified: 18 Mar 2022 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item