NOVA LINDA, AGUSTIN (2021) Korelasi Manajemen Perpustakaan dengan Budaya Literasi Siswa di MAN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
Nova Linda Agustin_T20173051.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nova Linda Agustin, 2021 : Korelasi Manajemen Perpustakaan dengan Budaya Literasi Siswa di MAN 2 Banyuwangi. Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar yang menjadi denyut nadi proses belajar, membutuhkan pengelolaan yang baik dan profesional. Dalam hal ini, keberadaan perpustakaan sekolah membuat para guru dan peserta didik berkesempatan memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui perpustakaan sekolah, peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar mandiri atau belajar kelompok dan guru juga dapat memperkarya materi- materi yang disajikan dalam proses belajar-mengajar. Dengan demikian, sebagai tolak ukur dalam meningkatkan budaya literasi, maka dalam pengelolaanya harus semaksimal mungkin. Rumusan penelitian “Adakah hubungan positif dan signifikan antara manajemen perpustakaan dengan budaya literasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis korelasi manajemen perpustakaan dengan budaya literasi siswa di MAN 2 Banyuwangi. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Product Moment Pearson, karena penelitian ini mencari korelasi atau hubungan, maka menggunakan jenis penelitian asosiatif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Product Moment Pearson, dan membadingkan antara rtabel dan rhitung untuk perhitungan hipotesisnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Manajemen perpustakaan di MAN 2 Banyuwangi sudah dikategorikan sedang atau cukup baik, hal ini buktikan juga dengan diperolehnya data hasil penelitian dari 50 responden, yang ditunjukkan dari hasil yang diperoleh sebanyak 34%, (2) Budaya literasi siswa di MAN 2 Banyuwangi sudah dikategorikan sedang atau cukup baik, hal ini dibuktikan juga dengan diperolehnya data hasil penelitian dari 50 responden, yang ditunjukkan dari hasil yang diperoleh sebanyak 34%. (3) Korelasi manajemen perpustakaan dengan budaya literasi siswa di MAN 2 Banyuwangi dengan menggunakan SPSS 22.0 dengan menggunakan metode Product Moment Pearson, hasilnya didapatkan nilai Sig (2-tailed) = 0,000, dengan tingkat signifikansi 0,10, sehingga nilai Sig (2-tailed) < 0,10 maka terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen perpustakaan dengan budaya literasi siswa, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan, Budaya Literasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 06:58 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3750 |
Actions (login required)
View Item |