Rahayu, Soffy Fitri (2024) Urgensi Pola Asuh Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak- Kanak Qur'an Ibnu Katsir Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SOFFY FITRI RAHAYU_205101050011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Soffy Fitri Rahayu, 2024: Urgensi Pola Asuh Orang Tua Dalam Menumbuhkan
Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Qur’an Ibnu Katsir Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Anak
Pola asuh orang tua adalah suatu bentuk atau cara orang tua dalam
berinteraksi dengan anak untuk memberikan pengasuhan di dalam keluarga. Dalam
hal ini pola asuh memberikan pengaruh terhadap tumbuh kembang, kepribadian,
dan karakter anak, salah satunya adalah sikap kemandirian. Pola asuh orang tua
dalam menumbuhkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Ibnu Katsir
Jember sangat bervariasi dikarenakan karakteristik setiap anak dan latar belakang
orang tua.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana urgensi pola asuh orang tua
dalam menumbuhkan kemandirian emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an
Ibnu Katsir Jember?, 2) Bagaimana urgensi pola asuh orang tua dalam
menumbuhkan kemandirian sosial pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Ibnu
Katsir Jember?, 3) Bagaimana urgensi pola asuh orang tua dalam menumbuhkan
kemandirian intelektual pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Ibnu Katsir Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan urgensi pola asuh orang
tua dalam menumbuhkan kemandirian emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK
Qur’an Ibnu Katsir Jember. 2) Mendeskripsikan urgensi pola asuh orang tua dalam
menumbuhkan kemandirian sosial pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Ibnu
Katsir Jember. 3) Mendeskripsikan urgensi pola asuh orang tua dalam
menumbuhkan kemandirian intelektual pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Ibnu
Katsir Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian field research. Lokasi penelitian di TK Qur’an Ibnu Katsir Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember. Subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Guru Kelas
B1, Wali Murid dan 5 anak kelompok B1. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis data sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana
yakni kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan dengan pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Kemandirian emosional sangat penting bagi
anak untuk melatih melepaskan diri dari ketergantungan orang tua. Pola asuh
demokratis dan permisif lebih dominan diterapkan orang tua dalam menumbuhkan
kemandirian emosional anak. 2) Kemandirian sosial sangat penting bagi anak untuk
melatih berinteraksi dengan orang lain baik secara verbal atau non verbal. Pola asuh
demokratis dan permisif lebih dominan diterapkan orang tua dalam menumbuhkan
kemandirian sosial anak. 3) Kemandirian intelektual sangat penting bagi anak untuk
mengembangkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Pola asuh
demokratis dan permisif lebih dominan diterapkan orang tua dalam menumbuhkan
kemandirian intelektual anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. SOFFY FITRI RAHAYU |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 08:16 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 08:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37505 |
Actions (login required)
View Item |