Rizal, Ahmad Syaiful Rizal (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ZAINUL IHSAN SEMBORO JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Text (SK 069 PGMI 2024)
Ahmad Syaiful Rizal_205101040010-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Ahmad Syaiful Rizal, 2024: Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah(MI) Zainul Ihsan Semboro Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Kartu Domino Modifikasi, Bahasa Inggris
Pentingnya keberadaan media pembelajaran ini harusnya dapat membantu menunjang pembelajaran.Namun, data observasi menunjukkan di MI Zainul Ihsan pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan bahan ajar yang memang sudah disediakan oleh Sekolah. Pembelajaran yang ada hanya memanfaatkan bahan ajar yang sudah disediakan dengan memberikan materi-materi secara sederhana dengan bantuan gambar-gambar yang ada di buku siswa. Selain itu, pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran secara konvensional dengan metode ceramah, sehingga dengan adanya penerapan desain pembelajaran tersebut akan menyebabkan proses pembelajaran yang bersifat kurang bervariasi sehingga akan menurunkan motivasi belajar peserta didik.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana proses pengembagan kartu domino modifikasi pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas III MI Zainul Ihsan Semboro Kabupaten Jember? 2. Bagaimana kelayakan media kartu domino modifikasi pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas III MI Zainul Ihsan Semboro Kabupaten Jember.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah: 1. Mendeksripsikan dan mengetahui proses pengembangan media kartu domino modifikasi pada pembelajaraN Bahasa Inggris Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Zainul Ihsan Semboro Kabupaten Jember. 2. Mendeksripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan media kartu domino modifikasi pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Zainul Ihsan Semboro Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation). Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik,pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan yaitu media kartu domino modifikasi materi kata I Like dan Dislike berisi gambar dan penjelasan yang harus diurutkan siswa, 2) Secara keseluruhan analisis dari para ahli media menunjukkan presentase sebesar 89% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran, dan 3) data uji coba produk dengan melakukan respon pada peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 87%, sehingga dapat dinyatakan produk media kartu domino modifikasi dinyatakan layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Ahmad Syaiful Rizal |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 08:00 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 08:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37506 |
Actions (login required)
View Item |