Cahyani, Anisa Putri (2024) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Games Quizwhizzer pada Materi Dasar Kepramukaan di Madrasah Ibtida'iyah Nurussalam Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 071 PGMI 2024)
Anisa Putri Cahyani_202101040011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dijadikan wadah bagi peserta didik yang memiliki minat mengikuti kegiatan tersebut sesuai dengan minat, bakat, hobi, kepribadian, dan kreativitas peserta didik yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi talenta peserta didik. Di Mi Nurussalam Tempurejo jember siswa yang mengikuti kegiatan kepramukaan cenderung bosan dengan materi yang disampaikan oleh pembina dan dalam proses pembelajarannya pembina jarang sekali menggunakan media. Dari permasalahan tersebut, pembelajaran dengan media games quizwhizzer dapat menjadi solusi yang tepat sebagai media pembelajaran. Quizwhizzer merupakan aplikasi games edukasi yang bersifat naratif dan fleksibel. Aplikasi ini selain sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran juga dapat digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Maka tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Media Interaktif Berbasis Games Quizwhizzer Pada Materi Dasar Kepramukaan Di Mi Nurussalam Tempurejo Jember. Untuk mengetahui bagaimana kelayakan dari media interaktif berbasis games Quizwhizzer pada materi sejarah pramuka Dunia dan Indonesia tingkat penggalang MI Nurussalam Tempurejo Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa di sebut Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini diantaranya ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran pramuka (pembina pramuka) dan peserta didik kelas VI Madrasah Ibtida’iyah Nurussalam Tempurejo Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta angket. Instrumen pengumpulan data dengan penilaian angket dari ahli media, materi, pembelajaran dan respon peserta didik.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa 1). Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah media interaktif berbasis Games Quizwhizzer pada materi dasar kepramukaan di kelas VI Madrasah Ibtida’iyah Nurussalam Tempurejo Jember. 2). Kelayakan media interaktif berbasis Games Quizwhizzer yang dikembangkan sangat valid (layak) berdasarkan hasil angket uji validitas oleh 3 ahli validator dan respon peserta didik kelas VI. Hasil dari validasi ahli media sebesar 97% dengan kategori sangat valid, hasil dari ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid dan dari ahli pembelajaran sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata angket dari para validator menunjukkan presentase 95% dengan kategori sangat valid. Adapun hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil yaitu sebesar 86% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala besar adalah 90%. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis games Quizwhizzer yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Interaktif Quizwhizzer; Pramuka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mis Anisa Putri |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:33 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 03:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37516 |
Actions (login required)
View Item |