ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PEMOHON DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TPI JEMBER

Salsabilla, Nada Ayu (2024) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PEMOHON DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TPI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 211 ES 2004)
SKRIPSI NADA AYU SALSABILLA 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Nada Ayu Salsabilla, Dr. H. Saihan. S.Ag., M.Pd.I, 2024: “Analisis Kepuasan
Pelayanan Pemohon Dalam Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI
Jember”.
Kata Kunci: Analisis, Kepuasan, Kepuasan Pelayanan, Paspor, Kantor Imigrasi
Setiap pelayanan memiliki nilai kualitas yang terlihat infrastruktur, sumber
daya manusia, fasilitas, yang mampu menentukan seberapa besar pengaruh
terhadap efisiensi waktu, kemudahan, dan tingkat kepuasan masyarakat yang
terlibat. Kantor Imigrasi kelas 1 (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) TPI Jember
sebagai lembaga dalam struktur kenegaraan merupakan lembaga pemerintah yang
bergerak dalam bidang jasa pelayanan passport atau surat perjalanan Republik
Indonesia selalu berusaha meningkatkan pelayanan baik untuk masyarakat dalam
negeri atau masyarakat luar negeri. Tugas Kantor Imigrasi kelas 1 TPI Jember
yang sangat penting adalah untuk memastikan lancar atau tidaknya lalu lintas
manusia baik ke dalam atau keluar negeri.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1. Bagaimana kepuasan pemohon
terhadap pelayanan pembuatan paspor walk in di Kantor Imigrasi Kelas I TPI
Jember? 2. Bagaimana kepuasan pemohon terhadap pelayanan pembuatan paspor
menggunakan aplikasi online M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui kepuasan pemohon
dalam pelayanan pembuatan passport walk indi Kantor Imigrasi Kelas I TPI
Jember. 2. Untuk mengetahui kepuasan pemohon dalam pelayanan pembuatan
passport menggunakan aplikasi online M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI
Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan/field research. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan keabsahan datanya
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang telah ditemukan adalah sebagai berikut: 1. Pemohon
pembuatan paspor secara walk in merasa puas dengan pelayanan yang diberikan
kepada mereka. Mereka merasa sangat dibantu untuk mengurusi berkas dari
pendaftaran hingga wawancara. 2. Pemohon pembuatan paspor menggunakan MPaspor merasa puas dan lebih efektif menggunakan aplikasi M-Paspor karena
sudah jelas data apa saja yang akan diunggah melalui aplikasi antrian paspor
online (M-Paspor)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NADA AYU SALSABILLA CACA
Date Deposited: 10 Dec 2024 01:49
Last Modified: 10 Dec 2024 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37528

Actions (login required)

View Item View Item